Perubahan Peta Politik Dunia dari Morotai



Aktris senior Christine Hakim menyatakan Pulau Morotai yang berada di Maluku Utara berperan penting bagi perubahan peta politik dunia. "Komando dan logistik pengeboman Hiroshima itu kan dari Morotai," ujarnya, Kamis, 13 September 2012.

Setelah sekutu mengebom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang menyerah kalah dalam arena Perang Dunia II. "Jadi semua bermula dari sini, dari Morotai," katanya.

Christine tiba di Morotai sejak Rabu. Pada Sabtu, 15 September 2012, ia akan menghadiri acara puncak Sail Morotai 2012 yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tapi ia tidak datang untuk sekadar acara seremonial.

Setahun terakhir, Christine terlibat dalam sebuah misi pembuatan film dokumenter tentang Kepulauan di Maluku Utara. Berbagai pulau seperti Ternate, Tidore, Halmahera dan beberapa pulau kecil di ujung utara Indonesia itu telah ia kunjungi. 

"Ada 800 pulau di sini, belum semua saya kunjungi, tapi sejauh ini luar biasa cantik," kata pemain film Pasir Berbisik ini.

Di Morotai, Christine mendatangi beberapa tempat bersejarah peninggalan Perang Dunia II. Selain itu, ia juga mendatangi pulau-pulau di sekitar Morotai seperti Pulau Zumzum yang menjadi tempat tinggal Jenderal Douglas Mc. Arthur selama mengendalikan pangkalan udaranya di Morotai dan Pulau Dodola yang indah.

www.amwtour.com

Komentar