Tips Penting Merencanakan Liburan Tahun 2014

Awal tahun, saatnya merencanakan liburan di tahun 2014. Mumpung baru awal Januari, ayo gunakan waktu untuk mempersiapkan perjalanan. Berikut adalah tips merencanakan liburan tahun 2014.

Awal Januari adalah waktu yang tepat merencanakan liburan setahun penuh. Dihimpun detikTravel, Jumat (3/1/2014), berikut 6 tips penting merencanakan liburan tahun 2014:

1. Cari tahu tanggal merah dan libur kejepit

Anda seorang pekerja dan tak punya banyak cuti? Hal pertama yang harus dilakukan, cari tahu tanggal merah dan hari libur kejepit. Tahun 2014 setidaknya ada 9 long weekend gabungan tanggal merah dan hari libur kejepit.

Tanggal-tanggal itu adalah: 11-14 Januari, 31 Januari-2 Februari, 29-31 Maret, 18-20 April, 1-4 Mei, 15-18 Mei, 24 Mei-1 Juni, 26 Juli-3 Agustus, dan 15-28 Desember.

Makin jauh destinasinya, pastikan Anda pilih tanggal libur yang lebih lama. Sayang kan, traveling ke tempat yang jauh tanpa mengeksplorasi lebih dalam?

2. Cari destinasi baru yang tepat

Destinasi traveling di dalam dan luar negeri tak terhitung banyaknya. Oleh karena itu, ada baiknya mencari destinasi baru yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Inilah tahun yang tepat untuk menyambangi tempat-tempat baru, untuk menambah cerita dan pengalaman.

Pilihlah destinasi yang cocok dengan waktu Anda traveling. Hal ini juga berkaitan dengan musim. Kalau Anda ingin menyambangi sebuah destinasi, cari tahu waktu terbaik untuk berkunjung. Tentunya Anda tak mau bukan, menyambangi pantai-pantai cantik di musim hujan?

3. Menabung

Inilah salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Namun satu hal yang perlu diingat, pisahkan antara tabungan sehari-hari dan tabungan liburan.

Buatlah tabungan khusus untuk liburan, entah di bank atau celengan sekali pun. Hitung kisaran bujet traveling yang dibutuhkan, kemudian mulailah menabung. Agar tak memberatkan, menabung bisa dilakukan per hari dalam jumlah yang tak terlalu besar.

4. Berburu tiket promo pesawat

Nah, ini dia langkah konkrit selanjutnya yang harus dilakukan. Begitu ada maskapai yang menggelar promo tiket, siap-siap di depan komputer!

Dua maskapai bujet yang sering menggelar promo tiket adalah Tigerair Mandala dan AirAsia. Jangan sampai ketinggalan, karena harganya bisa sangat murah.

5. Cek acara dan festival keren

Masih bingung memilih destinasi? Coba cari tahu beragam agenda dan festival keren baik dalam maupun luar negeri. Festival baik itu budaya, seni, musik, atau film bisa jadi tujuan Anda traveling.

Indonesia punya banyak festival yang digelar rutin tiap tahun. Sebut saja Tour de Singkarak di Sumatera Barat, Festival Lembah Baliem di Papua, Festival Danau Batur di Bali, Tour de Ijen di Banyuwangi, Festival Teluk Jailolo di Halmahera Barat, sampai Festival Danau Toba di Sumatera Utara.

Sementara di luar negeri Anda bisa menyambangi Festival Songkran di Thailand, Festival Holi di India, Cannes Film Festival di Prancis, sampai La Tomatina di Spanyol.

Komentar