Bisa! Backpackeran Hemat 4 Hari Dari Bali Sampai Banyuwangi

Backpackeran hemat selama empat hari dari Bali ke Banyuwangi bukan hal mustahil. Asal hemat mengeluarkan uang, Anda juga bisa melakukannya dengan nyaman. Simak saja kisah traveler ini.

Berawal dari keinginan saya dan teman yang sudah gatel untuk jalan-jalan. Hingga pada akhirnya kita memutuskan untuk pergi berlibur ke daerah Jawa Timur sampai Bali. Empat hari cukup untuk menjelajahi tiga tempat.

Objek wisata yang kami kunjungi saat itu yakni Pulau Menjangan di Bali, Taman Nasional Baluran di Situbondo, dan Kawah Ijen di Banyuwangi. Perjalanan yang menyenangkan dengan teman-teman, baik yang baru dikenal atau sudah lama dikenal.

Destinasti pertama yang kami kunjungi adalah Pulau Menjangan. Perjalanan menuju tempat ini cukup lama dan panjang yakni 8 jam. Dari Banyuwangi kita harus menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk di Banyuwangi menuju Pelabuhan Ketapang di Bali.

Sampai di Bali Malam hari, lalu kita langsung mencari penginapan. Untungnya guide kami tahu tempat penginapan yang murah dan nyaman. Sampai penginapan sudah jam 9 Malam. Kami langsung merapikan pakaian lalu langsung tidur.

Tepat jam 5 sore kami sudah berangkat menuju Pulau Menjangan dengan memakai dua kapal. Saat itu udara begitu dingin dan masih gelap. Setengah jam kemudian muncul sinar matahari yang begitu menawan di atas kapal kami.

Sampai di Pulau Menjangan kita langsung menyebur, dan benar saja, keindahan bawah laut di tempat ini begitu indah. Pulau Menjangan merupakan salah satu tempat yang oke dan keren untuk snorkeling atau diving, ibaratnya ini adalah surganya para penyelam.

Untuk sampai ke tempat ini tak butuh biaya mahal, cukup Rp 250 ribu kita sudah menikmati keindahan bawah laut di Pulau Menjangan. Harga yang cukup murah, karena yang pergi saat itu ada 17 orang.

Kami share cost mulai dari transportasi, makan, tempat penginapan, sewa alat snorkeling, guide, dsb. Pokoknya seru dan menarik. Setelah puas menyelam kami langsung berangkat menuju destinasi berikutnya, yakni ke Baluran.

Destinasi kedua yang kami kunjungi yakni ke Taman Nasional Baluran. Taman Nasional yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur ini memiliki hamparan savana yang luas dan menarik untuk dikunjungi.

Taman Nasional yang dijuluki sebagai Afrika van Jawa ini memang mirip sekali dengan Afrika, dengan hamparan savana kering dan satwa liar. Perjalanan dari Bali menuju ke Taman Nasional Baluran kurang lebih 3-4 jam.

Tak sulit untuk menemukan gerbang masuk Baluran, karena letaknya di pinggir jalan raya. Kami tiba disini siang hari saat cuaca cerah. Kami langsung masuk ke dalam dan foto di sana.

Lokasi pertama adalah padang savana Bekol. Di sini kita bisa melihat tingkah pola binatang mencari makan. Lalu kita ke Pantai Bama. Di sini banyak sekali wisatawan, baik dari daerah maupun dari luar daerah yang datang untuk liburan. Hati-hati, ada banyak monyet yang jahil.

Liburan ke Baluran tak butuh biaya mahal. Saat itu biaya yang dikeluarkan hanya transportasi, karcis, dan makan. Kurang lebih Rp 100 ribu uang yang harus dikeluarkan. Kemudian kami lanjutkan perjalanan ke Kawah Ijen

Kawah Ijen menjadi destinasi terakhir kami. Perjalanan menuju tempat ini tak begitu jauh dari Baluran, kurang lebih satu jam perjalanan. Kami tiba hari sudah malam, mengharuskan kami untuk menginap di sini semalam.

Saat itu banyak wisatawan yang datang ke sini, tak hanya dari daerah maupun luar daerah, tapi juga orang asing yang tertarik melihat keindahan kawah hijau yang mempesona.

Gunung Ijen dengan kawahnya yang berwarna hijau toska selalu menjadi pusat perhatian para wisatawan, tidak hanya kawah, semua sudut di Gunung Ijen juga menarik. Ada api biru 'blue fire' yang patut dilihat.

Untuk sampai puncak kawah dibutuhkan trekking 2-3 jam. Waktu yang cukup lama dan panjang bagi mereka yang belum biasa naik gunung. Barang yang harus dibawa antara lain, jaket tebal, topi kupluk, senter, sepatu, senter, dan tak lupa  membawa makanan.

Bila ingin melihat 'blue fire' kita harus naik dari pukul 01.00 malam, karena api biru ini ada sampai pukul 4 pagi saja. Itulah tiga destinasi yang saya lakukan bersama dengan teman lainnya.

Bisa dibilang empat hari perjalanan menuju tiga destinasi cukup seru, dan menjadi momen yang tak terlupakan bagi saya yang backpacker dengan harga murah. Selama perjalanan itu, biaya yang saya keluarkan saat itu kurang dari Rp 450 ribu saja.

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?