Borobudur & Prambanan Hiasi Kota Rotterdam di Belanda

 Ada pemandangan tak biasa di kota Rotterdam, Belanda pekan-pekan ini. Ikon wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko hadir mencuri perhatian. Satu lagi promosi pariwisata Indonesia.

Dalam ukuran besar, Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menempel pada sejumlah badan tram, sarana transportasi umum sangat vital di kota bisnis Rotterdam.

Begitu pula jika warga dan pengunjung membuka ponselnya di Rotterdam, maka seketika akan muncul iklan ajakan berwisata mengunjungi Indonesia dengan pemikat ketiga candi tersebut.

Promosi Indonesia yang tak biasa dengan gambar unik dan eksotis untuk mata Eropa itu diluncurkan oleh Kuasa Usaha Ad-interim (KUAI) KBRI Den Haag Ibnu Wahyutomo bersama Asisten Deputi Bidang Usaha Industri Strategis dan Manufaktur, Kementerian BUMN Agus Suharyono di Rotterdam, Senin (30/11/2015).

KUAI dalam sambutan singkatnya menyampaikan rasa senang dan bangga karena akhirnya gambar ikon wisata Indonesia hadir pada transportasi umum yang melintas di kota terbesar kedua di Belanda, Rotterdam.

"Kiranya iklan pariwisata Indonesia melalui transportasi umum dan ponsel seperti ini juga bisa segera dilakukan di kota-kota lain di negeri Kincir Angin," ujar KUAI dalam keterangan tertulis seusai acara peresmian.

Peresmian promosi Indonesia ini dilakukan dengan prosesi penyiraman air kendi, sekaligus menandai tram-tram itu mulai mengusung candi-candi cantik itu keliling kota pelabuhan, salah satu yang terbesar di dunia.

Sementara itu Agus Suharyono mengharapkan dengan upaya promosi ini akan semakin menarik minat orang Belanda berkunjung ke Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, sehingga meningkatkan jumlah wisatawan asing terutama dari Belanda ke Indonesia.

Kementerian BUMN akan terus meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di Belanda selain dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) juga menggandeng berbagai BUMN lain yang terkait," imbuh Agus.

Promosi Indonesia dengan menampilkan gambar Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko ini dilakukan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) yang mengelola ketiga candi tersebut. Direktur PT TWC Ricky Siahaan mengatakan bahwa saat ini kantornya tengah aktif mempromosikan ketiga obyek wisata budaya itu di Belanda, yang merupakan pasar terbesar untuk wisatawan dari Eropa.

"Yang masih menjadi tantangan adalah memperpanjang durasi wisatawan asing untuk berada di obyek wisata itu. Oleh karena itu perlu digali ide-ide baru terkait aktivitas wisata agar turis makin lama berkunjung di ketiga obyek wisata tersebut," pungkas Ricky.

Untuk tujuan kunjungan ke candi Borobudur, wisman Belanda tercatat sebagai pengunjung terbanyak 3 Besar dibandingkan dengan wisman negara Eropa lainnya, yakni mencapai 42.096 orang, Prancis 25.608 orang dan Jerman 19.876 orang (2014).
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar