Selain di Beijing, China Juga Punya Tembok Besar di Xian

Traveling ke China, tidak jarang traveler singgah di Beijing untuk melihat 'Tembok Besar China. Namun selain di Beijing, terdapat juga tembok besar bersejarah lain di Kota Xian.

Sebagai ibukota Provinsi Shaanxi, Xian menjadi lokasi dari Kuburn Pasukan Terakota yang berumur 2000 tahun. Namun tidak hanya itu, Xian juga memiliki sejarah ratusan tahun dan kaya akan sejarah.

Salah satu peninggalannya yang paling berharga adalah tembok Kota Xian. Dilansir detikTravel dari CNN, Selasa (8/12/2015) tembok Kota Xian yang bersejarah memiliki tinggi 12 meter, lebar 15 meter serta memanjang hingga 14 kilometer.

Dibangun pada zaman Dinasti Ming, dahulu tembok Kota Xian merupakan salah satu sistem pertahanan militer terbaik di dunia. Tembok itu juga yang melindungi awal dari perjalanan Jalur Sutra dari China menuju Timur Tengah dan Eropa.

Di balik tembok tersebut masih tersimpan kota kuno Xian yang memiliki luas sekitar 36 kilometer persegi. Hal itu pun kontras dengan pemandangan gedung pencakar langit hingga jalan tol di luar tembok Kota Xian.

Sejarahnya, tembok Kota Xian tersebut pernah hampir dihancurkan pada masa pergerakan Sosial di China tahun 1950. Untungnya ada seorang ahli sejarah yang berhasil merayu Sekretaris Jenderal Dewan Negara saat itu, Xi Zhongxun, ayah dari Presiden Xi Jinping untuk membiarkan tembok tersebut.

Kota Kuno Xian juga masih menyimpan sejumlah peninggalan masa lalu sepeti Menara Bell dan Drum serta Muslim Quarter. Pemerintah pun juga menetapkan tembok Kota Xian sebagai salah satu situs peninggalan sejarah. Gedung pencakar langit pun tidak diperbolehkan dibangun di dalamnya.

Namun selain menjadi situs bersejarah yang dilindungi, tembok Kota Xian juga menjadi lokasi wisata yang menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Tidak sedikit traveler yang berkeliling di bagian atas tembok kota untuk berolahraga hingga bersepeda.

Setidaknya dibutuhkan waktu empat jam untuk mengelilingi tembok Kota Xian, serta dua jam jika berkeliling naik sepeda. Harga tiket masuk ke dalam kota kuno Xian adalah RMB 54 (Rp 118 ribu) per orang. Sedangkan harga untuk sewa sepeda adalah RMB 45 (Rp 97 ribu) per dua jam.

Mungkin saja Anda bisa menjadikan Xian sebagai salah satu destinasi wisata berbeda selain Tembok Besar China di Beijing. Traveling ke kota kuno Xian pastinya asyik!
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar