Yang Baru dari Gold Coast: Pesta Wisata Kuliner di Night Quarter

 Di Gold Coast, Australia ada destinasi wisata baru yang diprediksi bakal jadi hits. Night Quarter adalah pasar malam kuliner akhir pekan yang menampilkan makanan dari seluruh dunia. Nasi Padang saja ada!

detikTravel diundang Tourism Queensland untuk datang ke Night Quarter pada Jumat (4/12/2015) kemarin. Night Quarter adalah objek wisata paling baru di Helensvale, pinggir Kota Gold Coast yang baru dibuka pada akhir November 2015.

Ini adalah pasar malam kuliner, kerajinan, dan fashion lokal. Namun sajian utamanya adalah pasar malam kuliner. Pasar malam ini hanya buka pada Jumat dan Sabtu pukul 16.00-22.00 waktu setempat.

"Kami sudah ke Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan melihat pasar malam di sana. Kami berpikir kenapa kita tidak membuat yang semacam ini di Australia. Itulah ide awal lahirnya pasar malam kuliner Night Quarter," kata Michelle Christie, seorang food marketing consultant yang membidani lahirnya Night Quarter.

Night Quarter membuka pendaftaran kepada UKM kuliner, fashion dan kerajinan yang ada di sekitar Gold Coast. Mereka melakukan seleksi ketat demi terciptanya pasar malam yang mewakili kuliner seluruh dunia. Hasilnya patut diacungi jempol.

Night Quarter sangat seru untuk dijelajahi. Ada sekitar 120 pedagang yang berjualan di dalam kontainer bekas yang disulap dengan kreatif menjadi toko-toko. Itu belum termasuk sejumlah food truck yang berjualan di sini.

Pasar malam ini terbagi dalam 8 area. Yang paling utama adalah Hawker Street, ini adalah area pasar kuliner ala Asia di mana di kanan dan kiri penuh dengan penjual makanan, kemudian ada area food court besar.

Makanan yang dihidangkan berasal dari seluruh dunia mulai dari gozleme khas Turki sampai funnel cake ala Amerika dengan atraksi gadis-gadis cantik yang berjoget sambil membuat kue. Untuk traveler Indonesia yang kangen masakan negeri sendiri, jangan khawatir.

Ada Sate House dengan menu sate ayam dan nasi padang. Top banget! Area kuliner lain adalah Tapas Street. Ini adalah area kuliner dengan chef-chef berbakat. Semua makanan dijual dengan harga sekitar AUD 10-30 (Rp 100 ribu-300 ribu).

"Di Tapas Street kami mengumpulkan chef-chef berbakat, namun tidak memiliki cukup modal untuk membuka restoran besar. Jadi kami kumpulkan di sini dan mereka punya hidangan spesial," kata Michelle.

Salah satu hidangan unik di Tapas Street adalah Croc Kitchen yang punya menu Popcorn Croc yaitu daging buaya yang dipotong kecil-kecil dan digoreng tepung, dengan aroma lemon. Mereka juga punya fillet kanguru dan barbekyu burung emu.

"Jadi Popcorn Croc ini daging dari buntut buaya yang kami olah menjadi kuliner yang lezat. Kami ingin mengenalkan daging khas Australia kepada masyarakat," kata Neill, pemilik Croc Kitchen.

Untuk aneka steak khas Australia ada area The Backyard. Ada lagi area The Depot yang menyajikan camilan yang dinikmati sambil menonton hiburan musik di area The Paddock. Sedangkan sisanya yaitu Side Street, The Alley, dan High Street adalah area fashion dan kerajinan.

Cara ke sana:

Night Quarter beralamat di Town Centre Drive No 1, Helensvale, Gold Coast. Tempat ini dari pusat Kota Gold Coast bisa dijangkau dengan naik trem G Link sampai Gold Coast University Hospital, kemudian disambung naik bus 709 jurusan Stasiun Helensvale.

Night Quarter berada di seberang terminal bus/stasiun Helensvale. Tiket masuk Night Quarter adalah AUD 3 atau sekitar Rp 30 ribu. Night Quarter adalah destinasi baru yang wajib dikunjungi kalau traveling ke Gold Coast, Australia.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar