Sekilas tentang Art Tunnel , Terowongan Seni di Singapura


Jika mampir ke kawasan Clark Quay di Singapura, jangan lupa mampir ke Tunnel Art. Di sana traveler bisa melihat mural di dinding terowongan.
Kawasan Clark Quay di Singapura dikenal sebagai salah satu tempat nongkrong wisatawan di malam hari. Namun siapa sangka jika di sana terdapat sebuah terowongan yang penuh dengan mural warna-warni bernama Tunnel Art.
Terletak di bawah jembatan yang berada tepat di samping Singapore River di Clark Quay, traveler dapat menemukan terowongan berisi mural yang biasanya dipakai oleh pejalan kaki untuk menyeberang. Tidak tanggung-tanggung, mural memenuhi kedua terowongan yang ada di bawah jembatan.
Uniknya, mural atau lukisan dinding itu tidak dilukis secara sembarangan. Salah satu tulisan yang ada di terowongan menyebutkan, bahwa mural tersebut merupakan kreasi dari SG Cares denggan perusahaan seni sosial non-profit bernama Social Creatives. Menceritakan sejarah berdirinya Singapura


Sejak beroperasi pada tahun 2007, Social Creatives aktif bekerja untuk membuat Singapura menjadi sebuah kota yang warna-warni secara emosional dan visual. Salah satu buktinya adalah melalui terowongan Tunnel Art.
Salah satu tujuannya adalah untuk merangkul semua orang untuk mengubah ruang yang tidak dipedulikan agar menjadi lebih berwarna dan menarik untuk masyarakat hingga wisatawan. Tapi yang utama adalah untuk membuat suatu hubungan di antara masyarakat Singapura dengan kotanya.
Diketahui kalau mural di terowongan tersebut merupakan salah satu hasil dari kreativitas Social Creatives untuk merayakan uang tahun ke-50 Singapura tahun 2015 lalu. Tema yang diambil adalah mengenai cerita dari pembentukan Singapura serta untuk menghubungkan Clarke Quay, Robertson Quay serta Boat Quay.
Traveler yang lewat di Tunnel Art juga dapat membaca statement dari sang seniman pembuat mural di dindingnya. Fungsinya adalah untuk menyampaikan pesan serta membuat dialog sosial.
Jika datang pada malam hari, traveler bisa mendapati Tunnel Art yang menyala dengan lampu layaknya sebuah ruang pameran. Kesan ceria dan berwarna tentu akan menemani jalan santai di terowongan itu sambil membayangkan sejarah berdirinya Singapura. Benar-benar kreatif dan menarik sekali.

Komentar