2017, Istanbul Akan Miliki Bandara Terbesar di Dunia




TURKI berencana untuk membuat bandara terbesar di dunia yang nantinya akan ditempatkan di kota terbesarnya, Istanbul. Bandara ini akan mampu menampung hingga 150 juta penumpang setiap tahunnya.

Bandara ini akan menjadi bandara ketiga di Istanbul dan akan memiliki enam landasan. Dengan adanya bandara baru ini akan menegaskan peran Istanbul sebagai bandara penghubung terutama untuk maskapai Turkish Airlines.

"Dari kapasitasnya, bandara ini akan menjadi yang terbesar di dunia," kata Binali Yidrim, Menteri Transportasi Turki seperti dikutip dari SMH, Kamis (24/1/2013).

Rencananya pembangunan bandara ini akan terbagi dalam empat tahapan yang akan berlangsung selama 25 tahun. Dalam tahap pertama diharapkan bandara ini akan mampu untuk menampung hingga 90 juta penumpang.

"Di tahun terakhir pembangunannya bandara ini akan mencapai kapasitas 150 juta. Tahap pertama sendiri akan beroperasi pada 2017," tukas Yidrim.

Bandara terbesar saat ini di dunia adalah Bandara Internasional King Fahd di Arab Saudi, yang areanya bahkan lebih luas dari negara tetangganya, Bahrain. Sedangkan bandara yang mampu menampung penumpang terbanyak adalah Bandara Atlanta di Amerika Serikat yang setiap tahunnya menampung 76,7 juta penumpang.

www.amwtour.com

Komentar