Turis Tiongkok Rusak Terumbu Karang di Palau

Palau adalah negara pulau yang kecil di antara Papua dan Filipina. Alamnya cantik seperti Raja Ampat. Sayang, kedatangan turis Tiongkok dalam jumlah besar berdampak negatif. Terumbu karang dan fauna menjadi terganggu.

Palau terdiri dari 8 pulau besar dan 250 pulau kecil ini punya gugusan pulau karang yang seperti Raja Ampat. Pantai-pantai di sana juga terselimuti oleh hamparan pasir putih.

Belum lagi, Palau punya keunikan yang hanya ada dua di dunia yakni sebagai habitat ubur-ubur tak menyengat. Ubur-ubur langka di dunia, satunya lagi di Derawan, Indonesia.

Palau pun disebut-sebut sebagai surga di dunia, yang patut disandingkan dengan Maladewa atau Karibia. Meski harus merogoh kocek mahal, turis dari berbagai negara rela mengeluarkannya untuk bisa ke sana. Termasuk, turis Tiongkok salah satunya.

Dilansir dari AFP, Kamis (19/3/2015) kedatangan turis Tiongkok ke Palau terus meningkat sejak tahun 2013. Angka menunjukan, kunjungan turis yang datang ke Palau pada 2013 sebanyak 93 ribu turis dan naik menjadi 141 ribu turis di tahun 2014 kemarin. Hampir setengah dari ratusan ribu turis tersebut berasal dari Tiongkok.

Bahkan, pada bulan Februari 2015 kemarin tercatat turis Tiongkok yang datang ke Palau sudah sebanyak 10.955 orang. Naik 500 % jika dibandingkan pada bulan Februari tahun 2014. Jangan kaget, 74 dari 75 kamar di Sea Passion Hotel, hotel tersohor di Palau ditempati oleh mereka.

"Di sini seperti di surga, udaranya tidak tercemar," ujar seorang turis wanita asal Shanghai, Jia Yixin yang rela menghabiskan USD 1.133 atau jika dikonversikan sekitar Rp 14,7 juta untuk paket liburan 6 hari di Palau.

Du Chuang, turis Tiongkok lainnya malah berani mengeluarkan uang sebanyak USD 1.400 atau sekitar Rp 18,2 juta. Dengan uang segitu, dia menyewa helikopter untuk menikmati Palau dari ketinggian.

Bagai dua sisi mata uang, banjirnya turis Tiongkok ke Palau malah jadi ancaman. Makin banyaknya manusia yang datang ke sana, maka alamnya bisa rusak dalam jangka waktu yang panjang.

"Ini peningkatan kunjungan yang di luar dugaan dan begitu cepat. Kami adalah negara kecil dengan alam yang terbatas, maka kami coba untuk mempelajari situasi," ujar Direktur Manajer Palau Visitors Authority, Nanae Singeo.

Masyarakat Palau pun mulai angkat suara seputar ulah turis. Yellow Skin Tour, operator tur asal Negeri Tirai Bambu tersebut, dikecam gara-gara postingan foto pada paket tur ke Palau. Fotonya berupa anak-anak kecil yang sedang asyik membopong penyu. Padahal, jelas-jelas hal tersebut sangat dilarang.

Belum lagi, banyak masyarakat setempat yang mengaku melihat turis Tiongkok merusak terumbu karang, membuang sampah sembarangan ke laut dan bikin kegaduhan di malam hari. Yang paling bikin geram, banyak ubur-ubur tak menyengat yang mati dan disinyalir adalah ulah turis Tiongkok.

"Mereka merusak terumbu karang membuang sampah di laut," kata Norman, seorang supir taksi.

Pemerintah Palau langsung merespon cepat suara masyarakatnya, seperti bakal membatasi penerbangan carter dari Tiongkok. Meski begitu, Presiden Palau, Tommy Remengesau menegaskan bahwa negaranya tidak pilih kasih kepada turis dan tidak ada niatan diskriminatif. Dia hanya ingin jumlah kunjungan turis yang membludak bisa dibatasi demi kebaikan negaranya sendiri.

"Apakah kita yang mengontrol pertumbuhan pariwisata atau pertumbuhan pariwisata yang mengontrol kita? Ini tanggung jawab saya sebagai pemimpin jika tren turis seperti ini terus berlanjut," ujarnya.

Pariwisata menyumbang 85 % bagi pemasukan devisa untuk Palau. Pantai yang indah dan dunia bawah laut yang kaya dengan terumbu karang menjadi daya tarik utama di sana. Soal turis Tiongkok, semoga mereka lebih bijak bersikap saat berwisata.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar