Bukan di Bali, Pura di Pinggir Pantai Ini Ada di Lombok

Pura di pinggir pantai biasanya identik dengan Bali. Namun siapa sangka, Lombok juga punya pura yang tak kalah keren. Namanya Pura Batu Bolong di Senggigi, Lombok Barat.

Pura Batu Bolong ada di Jl Raya Sengigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tak jauh dari Pantai Sengigi. Sesuai dengan namanya, ada batu bolong yang menjadi ciri khas pura ini.

detikTravel berkesempatan mampir ke Pura Batu Bolong beberapa waktu lalu. Untuk memasuki pura ini, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Semua pengunjung yag ingin masuk harus menggunakan selendang terlebih dahulu.

Di dekat pintu masuk pura, ada tempat untuk meminjam selendang yang berwarna kuning dan merah. Selendang biasanya diikatkan di pinggang. Turis bisa meminjam selendang tersebut sambil memberikan sumbangan sukarela untuk perawatan pura.

Semua boleh memasuki Pura Batu Bolong setelah menggunakan selendang, kecuali perempuan yang sedang datang bulan. Ketika melewati pintu masuk, ada beberapa anak tangga yang harus dituruni. Di sebelah kirinya, ada sebuah tempat memanjatkan doa.

Saya pun terus menuruni tangga hingga kawasan pinggir pantai. Saya ingin melihat langsung keindahan pura di pinggir pantai itu dan tentu saja, batu bolong yang unik. Pantai yang indah dan semilir angin sungguh membuat suasana di sana sejuk.

Sesampainya di pinggir pantai, terlihatlah batu bolong itu. Batu bolong merupakan susunan batu yang cukup tinggi dengan bolongan di tengahnya. Letaknya di sebelah kiri bawah pura. Ukuran bolongannya cukup besar, bisa untuk dilewati manusia.

Saat sedang pasang, air laut tampak memenuhi bagian bawah batu bolong. Pengunjung pun bisa merasakan kesegaran air tersebut. Setelah melihat langsung keindahan batu bolong, saya kembali melangkah mendekati pura.

Pura Batu Bolong terlihat kokoh dan banyak pengunjung yang ingin masuk. Tetapi, pura itu hanya boleh dimasuki untuk umat Hindu yang akan beribadah. Posisinya cukup tingi, dan ada beberapa anak tangga yang harus dinaiki terlebih dahulu.

Sebaiknya Anda datang ke kawasan pura menjelang sore. Jadi, Anda bisa melihat sunset yang keren dari pantai di sekitar pura. Pemandangan Gunung Agung di Bali pun terlihat dari Pura Batu Bolong ini. Pokoknya asyik!
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar