Wilayah Wisata di Taman Nasional Gunung Tambora Akan Jadi Eco Tourism

Taman Nasional Gunung Tambora akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menhut & LH serta Menpar. Nantinya 10% dari taman nasional ini akan digunakan untuk kepariwisataan. Adapun fokusnya adalah eco tourism.

"Nanti akan mendeklarasikan Tambora jadi taman nasional. Sepuluh persen bisa digunakan untuk pendidikan dan kepariwisataan," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya sebelum acara puncak Peringatan 200 Tahun Meletusnya Gunung Tambora di Dompu, NTB, Sabtu (11/4/2015).

Arief menjelaskan bahwa luasnya Taman Nasional Gunung Tambora itu sekitar 220.000 hektar. Maka, sekitar 22.000 hektar bisa dikembangkan untuk pariwisata bertema eco tourism.

"Tema umum eco tourism. Namun di sini ada yang spesifik agrowisata, terkait peternakan, budidaya jagung. Di sini salah satu penghasil jagung terbesar di dunia," kata Arief.

Arief yakin TN Gunung Tambora akan menarik minat banyak wisatawan. Alamnya sungguh indah dan punya beberapa ciri khas, seperti savana yang lokasinya dekat dengan laut. Savana di sini juga dianggap tak kalah dengan Desa Hobbit yang ada di Selandia Baru.

"Yang terkesan itu savana. Saya membayangkan kalau kita di Selandia Baru, tidak ada bedanya yang tempat Hobbit itu. Akses juga sudah bagus. Amenitas seperti hotel dan lain-lain itu nanti dibangun," kata Arief.

Selain itu lokasi taman nasional juga tak jauh dari Pulau Moyo yang dulu pernah disinggahi oleh Lady Diana dan sederetan seleb dunia. Akses jalan menuju ke taman nasional juga cukup baik.

Selain TN Gunung Tambora, NTB juga punya 2 tempat wisata lain yang diunggulkan, yaitu Teluk Saleh dan Pulau Moyo. Tempat-tempat ini sangat menarik dan diharapkan mampu menyedot banyak wisatawan untuk datang.

"Dikenal dengan nama Samota. Saleh, Moyo, Tambora, begitulah pak gubernur mempresentasikannya. Jadi 3 besar dijadikan satu," ucapnya.

Dalam hal penerbangan ke NTB, Arief pun meminta beberapa maskapai untuk menambah atau membuka rute baru ke Lombok. "Saya minta Garuda tambahkan flightnya dari Denpasar ke Lombok. Lalu saya minta Airasia dari Melbourne ke Lombok," ujarnya.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar