Ini Mobil Bung Karno Saat Diasingkan di Bangka

Pada 1948-1949, para tokoh RI termasuk Bung Karno dan Bung Hatta pernah diasingkan ke Pulau Bangka. Mobil yang pernah digunakan kedua pemimpin tersebut masih dijaga apik di Pesanggarahan Menumbing, tak jauh dari Kota Muntok.

Pesanggrahan Menumbing adalah nama komplek vila yang terletak 12 Km dari Kota Muntok, Pulau Bangka. Pada masa pemerintahan Belanda tepatnya 1927-1930, vila ini menjadi tempat peristirahatan para pegawai perusahaan timah Bank Tinwinning Bedriff.

Namun pada 22 Desember 1948-7 Juli 1949, tempat ini dijadikan rumah pengasingan para pemimpin RI. Bung Hatta, Pringgodigdo, Komodor Surya Darma, Assa'at, Ali Sastroamidjodjo, Moch Roem, sampai mantan Presiden RI yakni Bung Karno pernah diasingkan di sini.

Selama diasingkan, Bung Karno dan Bung Hatta menggunakan mobil BN-10 yang masih terjaga apik di Pesanggrahan Menumbing. BN-10 adalah mobil tipe Ford Deluxe 8 warna hitam. Kondisinya masih asli dan lengkap. Jok depan dan belakangnya dilapisi kulit warna hitam.

"Ini mobil pernah digunakan Bung Karno dan Bung Hatta. Ada 3 supir yang pernah bertugas," tutur Erwin, pemandu rombongan wartawan saat mengunjungi Pesanggrahan Menumbing beberapa waktu lalu.

Selain BN-10, banyak tempat dan ruangan yang bisa dimasuki wisatawan. Ruang tamu, ruang pertemuan, ruang kerja dan ruang tidur Bung Karno masih dijaga dalam kondisi aslinya. Karena terletak di atas bukit pada ketinggian 445 mdpl, udara di Pesanggrahan Menumbing cukup sejuk. Anda juga bisa melihat panorama Kota Muntok dari rooftop Pesanggrahan Menumbing.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar