Ini Senjata Suku Pemburu Kepala Manusia di Malaysia

Di Kinabalu, Malaysia traveler dapat mampir ke Mari Mari Village. Suatu desa wisata yang menampilkan beberapa suku Dayak Malaysia. Salah satunya adalah Suku Lundayeh yang terkenal sebagai pemburu kepala.

Hanya sekitar 1 jam dari Kota Kinabalu, Mari Mari Village merupakan desa wisata yang asyik untuk didatangi. Di sinilah, terdapat 5 suku besar yang mendiami kawasan Sabah yakni Kadazan Dusun, Bajo, Lundayeh, Murut, dan Rungus. Anda bisa berkenalan langsung, datang ke rumah adatnya dan mengetahui segala jenis budayanya.

Suku Lundayeh, bisa dibilang yang paling sering membuat penasaran. Bukan tanpa sebab, Suku Lundayeh yang masih merupakan keluarga dari Suku Dayak Kalimantan ini terkenal sebagai pemburu kepala!

Adalah para pria Suku Lundayeh, yang melakukan pemburuan kepala. Mereka akan menyerang suku lain untuk mendapatkan kepalanya dengan dua tujuan. Pertama, adalah syarat untuk menikah dan kedua untuk mengangkat status derajatnya.

Saat berperang, mereka menggunakan beberapa senjata seperti tombak dan perisai dari kayu. Namun khusus untuk memotong kepala, mereka menggunakan mandau. Inilah pedang yang jadi senjata tradisional Suku Dayak.

Jika diperhatikan, bentuk mandau ini seperti golok. Sarungnya terbuat dari kayu. Biasanya, ditaruh di pinggang yang diselipkan ke kain. Yang menarik, tiap mandau yang dimiliki para pria suku Lundayeh memiliki hiasan rambut!

"Di bagian gagangnya terdapat semacam rambut yang diikat. Jumlah ikatannya, menandakan jumlah kepala yang sudah dipenggal," ujar Alister, pemandu setempat kepada detikTravel saat berkunjung ke Mari Mari Village beberapa waktu lalu.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar