Kota Melbourne Didirikan Oleh... Batman!

Kota Melbourne di Australia sebagai tujuan wisata, punya beberapa fakta unik dan menarik untuk diketahui wisatawan. Tahukah Anda, kalau kota ini didirikan oleh Batman? Tapi, dia bukan superhero berkostum kelelawar itu.

Nama pendiri Kota Melbourne adalah John Batman. Serius, nama belakangnya memang Batman. Datangi saja tugu makamnya kalau tidak percaya.

Nah, bagi penggila belanja pasti tahu Queen Victoria Market, Melbourne, Australia. Tapi apakah semua tahu jika makam pendiri Kota Melbourne, John Batman juga ada di lokasi pasar itu?

"Bahkan banyak warga Melbourne yang tidak tahu makam pendiri kota ini ada di sini," kata pemandu wisata, Jenny Tieppo kepada detikTravel saat mengunjungi pasar tradisional itu atas undangan Melbourne Tourism, Indonesia AirAsia X dan Tune Hotels selama sepekan pada pekan lalu.

John dimakamkan bersama 10.000-an o
rang lainnya yang menjadi warga pionir yang tinggal di Melbourne. Saat Pasar Queen Victoria dibangun, hanya sedikit yang berkesempatan memindahkan makam keluarga mereka. Alhasil, pasar itu
pun dibangun di atas makam.

Untuk memperingati jasa John, dibangunlah sebuah tugu prasasti setinggi 3 meter. Lokasinya berada di bagian belakang, antara pasar daging/makanan dengan pasar cinderemata. Atau persisnya berada di dekat lapangan parkir pasar itu.

Siapakah John Batman? Dia dilahirkan di New South Wales pada 21 Januari 1801 dan meninggal pada 6 Mei 1839 di Victoria. Orang tuanya, William dan Mary Batman sampai ke Sydney pada tahun 1797. Batman merupakan petani di Lembah Batman.

Nama kota Melbourne diberikan oleh Perdana Menteri Inggris, Lord Melbourne pada Maret 1837. Meski namanya keren -Batman-, nasib John tidaklah keren. Dia meninggal muda karena penyakit sipilis dan peminum alkohol berat.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar