Masjid Paling Unik di Bangka, 100% Terbuat dari Kayu

Bangka tak hanya soal bakmi, atau batu granit raksasa yang bertebaran di pesisir pantainya. Di dekat ibukotanya yakni Pangkalpinang, terdapat tempat wisata religi berupa masjid unik yang semuanya terbuat dari kayu. Penasaran?

Masjid Kayu, begitu masyarakat Bangka menyebut bangunan ini. Nama aslinya adalah Masjid Baitul Hajj, yang terletak di Desa Tuatunu, dekat Kota Pangkalpinang. Masjid ini menjadi bagian dari Keleka Community, komplek wisata yang menyuguhkan aneka tradisi dan kebudayaan khas Bangka.

"Masjidnya diresmikan tahun 2012, tepatnya 12-12-12," tutur Erwin, pemandu rombongan wartawan saat berkunjung ke Masjid Kayu atas undangan Pemprov Bangka Belitung beberapa waktu lalu.

Seperti namanya, seluruh bagian masjid ini terbuat dari kayu. Mulai dari lantai, langit-langit, tiang, tangga, sampai mimbar.

"Kayu yang digunakan yaitu Cempedak dan Meranti. Kuat, tahan rayap," tambah Erwin.

Hanya butuh waktu 6 bulan untuk membuat masjid ini. Di bagian dalamnya hanya terdapat 5 tiang, yang konon merupakan ciri khas Masjid Jami di masa lampau.

Tiap saat beribadah, warga setempat berbondong-bondong menyambangi Masjid Kayu untuk salat berjamaah. Bagian dalamnya sangat sejuk, angin sepoi berhembus lewat jendela-jendela kayu yang terbuka lebar.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar