Prisia Nasution Kesal dengan Turis yang Sentuh Patung Buddha Candi Borobudur

Prisia Nasution dibuat geram oleh ulah sebagian wisatawan Candi Borobudur yang menurutnya bisa mengganggu kelestarian objek wisata yang sempat masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia itu. Akibat mitos mengenai arca dan patung Buddha, candi kebanggaan masyarakat Indonesia itu terancam rusak.

Menurut mitos yang beredar, jika bisa menyentuh patung Buddha sambil berdoa maka akan mendapat rezeki, jodoh dan keberuntungan. Banyaknya pengunjung yang mencoba menyentuhnya, bisa membuat patung Buddha tersebut perlahan-lahan rapuh dan rusak.

"Saya dapat pesan dari pihak pemelihara candinya langsung, pegang patung Buddha dapat rezeki itu cuma mitos. Jangan disentuh karena akan merusak candi," tutur Prisia, saat konferensi pers peluncuran kampanye 'Heritage Campaign' di butik Kiehl's Central Park, Jakarta Barat, Selasa (26/5/2015).

Aktris berusia 30 tahun itu menambahkan, selain menyentuhnya langsung banyak pula pengunjung yang melemparkan koin ke arah patung Buddha dengan harapan yang sama yaitu mendapatkan keberuntungan. Itu pun hanya mitos belaka dan hanya akan memperparah kerusakan Candi Borobudur ke depannya nanti.

"Candi itu kan sudah ribuan tahun, lama banget, bisa roboh. Karena dianggap bisa bawa rezeki ada juga hidung patung yang dipotong. Jangan lakukan itu karena merusak heritage kita," tegas Prisia.

Selain itu, ia juga menghimbau para anak muda untuk mencintai kebudayaannya sendiri. Sempatkan waktu bertanya kepada orangtua tentang sejarah daerah atau kota asal agar tetap tahu akar budaya masing-masing. Menurutnya, hal itu sedikit banyak bisa membantu mempertahankan keberlangsungan budaya Nusantara.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar