Cappadocia, Kota Batu yang Super Unik di Turki

 Cappadocia adalah destinasi wisata yang unik di Turki. Masyarakat Turki di zaman dahulu melubangi bebatuan untuk dijadikan rumah dan toko. Bahkan ada banyak gereja bawah tanah dan gua-gua yang mengagumkan.

Lava bekas letusan gunung merapi beberapa ribu tahun sebelum masehi di Cappadocia membentuk perbukitan berwarna putih. Pada abad ke-2 masehi, umat Nasrani yang pertama menetap di sekitar Derinkuyu, salah satu kawasan di Cappadocia, pindah ke wilayah ini.

Karena tekstur batu yang tak terlalu keras, mereka melubangi batu-batu untuk dijadikan hunian, membangun toko makanan, kincir air, penampungan air, hingga mengembangkan kawasan hunian untuk jangka waktu lama. Untuk menjalankan ibadah, mereka juga membuat semacam gereja bawah tanah lengkap dengan ruangan untuk pengakuan dosa.

"Dari kajian para arkeolog diperkirakan ada lebih dari seribu gereja di Cappadocia dengan konstruksi dan dekorasi yang indah," kata Ramadan Dogan yang memandu detikTravel bersama rombongan Franchiser Zoya, Rabu (10/6/2015). Trip ini dipimpin Komisaris Shafira Corporation (Shafco) Gilarsi Wahyu Setijono.

Hingga kini lukisan dan hiasan gereja masih bisa dinikmati di dinding gereja batu. Bahkan di kawasan wisata Goreme Open Air Museum, di Cappocadia, terdapat Dark Church. Disebut gereja gelap, karena memang memiliki sedikit jendela sehingga sinar matahari kurang bisa menyelinap masuk.

Untuk mengimbanginya, gambar-gambar di dinding gereja ini memiliki warna-warni yang mencolok. Ada 20-an gambar di sekeliling dinding maupun bagian atap gereja. Yakni gambar Maria dan Yesus, adegan perjamuan terakhir (Last Supper), maupun Judas sang pengkhianat Yesus. Tapi untuk menikmati itu semua para pengunjung dikenai tiket tambahan 10 Lira Turki (Rp 49 ribu).

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar