Siapa yang Punya Masjid Tertinggi di Gedung Pencakar Langit?

Ada banyak masjid yang dikenal karena rekor-rekor uniknya. Dari masjid terluas atau punya minaret tertinggi di dunia. Namun ada satu pertanyaan, masjid mana yang posisinya paling tinggi di dalam gedung pencakar langit?

Bicara soal gedung pencakar langit paling tinggi di dunia, tentu saja jawabannya Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Terang saja, tinggi bangunannya mencapai 2.717 kaki atau 828 meter. Gelar gedung tertinggi di dunia pun disabetnya.

Satu lagi yang jadi perbincangan traveler yakni, masjid tertinggi di gedung pencakar langit pasti ada di Burj Khalifa. Cobalah buka di internet, lalu ketik 'highest mosque'. Pasti yang keluar adalah masjid di Burj Khalifa yang berada di lantai 158.

Tunggu, tunggu dulu. Tahukah Anda, ternyata masjid tertinggi di gedung pencakar langit bukanlah itu. Dari penelusuran detikTravel ke situs Guinness World Records, Jumat (26/6/2015) justru Kingdom Centre di Riyadh, Arab Saudi yang memiliki masjid tertinggi di gedung pencakar langit.

Nama masjidnya adalah King Abdullah Mosque, yang menyabet rekor 'Highest mosque above ground level'. Masjidnya berada di lantai 77 atau tepatnya di ketinggian 600 kaki alias 183 meter. Masjidnya diresmikan tahun 2004 silam.

Penilaian yang dilakukan dari Guinness World Records adalah bangunannya harus mirip dengan desain masjid pada umumnya, memiliki tempat ibadah yang luas, ruang wudhu, dan fasilitas lainnya. Intinya bukan hanya sekedar tempat salat atau yang biasa kita kenal musala, melainkan masjid.

Kembali ke Burj Khalifa, detikTravel mencoba mencari informasi masjid yang disebut-sebut berada di lantai 158. Semua situs berita hanya menyebutnya lokasi lantainya saja. Tidak ada detail mengenai ketinggiannya yang berapa ratus meter dan nama masjidnya. Bahkan, dalam situs resmi Burj Khalifa pun tidak terdapat informasi mengenai masjid di sana.

Di laman 'The Tower Fact & Figures' pada situs resmi Burj Khalifa, disebutkan berbagai rekor yang telah disabetnya. Dari 'Tallest Building in the World', 'Highest Outdoor Observation Deck in the World', hingga 'Tallest Service Elevator in the World'. Namun, tidak ditemukan rekor 'Highest mosque above ground level'.

Media Uni Emirat Arab, The National pernah mengulas tentang masjid di Burj Khalifa pada tahun 2011 silam. Judul beritanya pun menohok, 'Mosque in Burj Khalifa an urban myth'. Isi beritanya, mengungkapkan kekecewaan kepada berita-berita di internet yang mengklaim kalau di sana terdapat masjid.

Bisa jadi informasi di internet mengenai masjid tertinggi di dunia yang selama ini di Burj Khalifa, itu keliru. Atau bisa pula, Guinness World Records belum meng-update rekor baru masjid tertinggi di gedung pencakar langit. Bagaimana menurut Anda?

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar