Yuk Salat, di Makkah Toko-toko Otomatis Tutup Saat Adzan

Beda daerah, beda lagi tradisi warganya. Jika sedang berada di Makkah, Arab Saudi, jangan kaget
kalau agenda belanja Anda harus tertunda karena adzan. Semua toko di Kota Suci ini memang tutup saat adzan.

Sebagai salah satu Kota Suci umat Muslim, Kota Makkah didatangi ribuan jamaah setiap hari. Masjidil Haram adalah pusat kiblat sekaligus tempat paling suci bagi orang Islam.

Namun tak hanya itu, Makkah juga punya banyak toko yang menjual pakaian, perhiasan, parfum, elektronik, dan lain-lain. Toko-toko itu berderet di pinggir jalan, atau di dalam pusat perbelanjaan.

Namun satu hal yang pasti, semua toko di Makkah tutup saat adzan. Hal itulah yang dirasakan detikTravel saat berkunjung ke Makkah beberapa waktu lalu. Kebiasaan ini pula yang sering menjadi culture shock bagi turis dan jamaah.

"Berasa banget, terutama di bawah Zamzam Tower, daerah pertokoan dekat supermarket Bin Dawood. Begitu adzan petugas toko langsung beres-beres, pasang rolling door pengaman," tutur Bahrun, traveler yang beberapa waktu lalu menyambangi Makkah dalam rangka umrah.

Waktu itu, kisah Bahrun, dia berniat membeli kebab di counter makanan di bawah Zamzam Tower. Namun adzan Ashar berkumandang, petugas toko pun langsung siap menutup toko. "Salat! Salat!" begitu kata petugas tokonya.

"Batal beli kebab, ya saya ke Masjidil Haram untuk salat di bagian luarnya," lanjut Bahrun.

Hal ini berlaku untuk setiap waktu adzan, kecuali subuh. Saat adzan subuh berkumandang, toko-toko belum dibuka. Namun begitu jamaah selesai menunaikan ibadah salat subuh, toko-toko mulai dibuka. Terutama toko makanan, yang jadi incaran jamaah untuk sarapan.

Usai beres-beres toko saat adzan berkumandang, para penjaga toko biasanya bertolak ke Masjidil Haram untuk salat. Tak jarang pula penjaga yang menggelar sajadah di depan tokonya, salat sambil mendengar imam dari speaker Masjidil Haram. Usai salat berjamaah, toko langsung dibuka kembali.

Jadi, jangan kaget dan heran kalau toko-toko di Makkah tutup saat adzan. "Ini justru bisa jadi pelajaran positif untuk traveler Muslim, sekaligus melatih kebiasaan salat tepat waktu," kata Bahrun menutup perbincangan.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar