Ini Bedanya Street Art di Seoul dan Xian

 Di berbagai kota di Asia, wisatawan bisa menikmati aksi seniman jalanan. Street art bisa begitu tradisional seperti di Xian, China atau bisa juga atraktif dan modern seperti di Seoul, Korea Selatan.

detikTravel pernah traveling ke Seoul di Korea Selatan dan Xian di Tiongkok dalam waktu yang berbeda. Saya membandingkan street art yang dinikmati wisatawan di kedua kota itu.

Di Negeri Ginseng, street art didominasi anak muda. Di salah satu sudut kota Seoul, Myeongdong, seorang anak muda melakukan atraksi sulap kontemporer dicampur gerakan pantomim.

Dibantu musik dan speaker kecil, ia mampu menarik puluhan pejalan kaki untuk berhenti sejenak melihat aksinya. Soal style, ia tidak tampak layaknya pesulap pada umumnya. Dengan mengenakan kaos dan jas serta topi Fedora, ia berhasil mengocok perut penonton lewat sulap lucunya dan gerakan pantomimnya.

Adapun peralatan sulapnya ia bawa dengan koper besar dan dibantu sebuah meja lipat. Trik sulap sederhana dari kartu hingga kecepatan tangan memainkan bola, membuat penonton enggan beranjak dari tempat berdirinya.

Bagi wisatawan yang beruntung, bisa melihat langsung pembuatan drama Korea di lokasi yang sama. Meski bukan bagian dari street art, tetapi pengambilan gambar ini cukup membuat puluhan orang berjejal melihat pengambilan gambar tersebut.

Adapun di kota kuno Terakota, Xian, China, street art nyaris tidak ada. Meski demikian, kita bisa menikmati aksi pemain alat musik tiup tradisional memainkan musik di samping dagangannya.

Di kota semacam Xian, street art yang muncul bentuknya klasik dan tradisional. Mungkin di Shanghai baru kita melihat street art yang modern. Dimanapun itu, street art adalah sebuah atraksi murah meriah, namun bisa menjadi sangat berkesan untuk wisatawan.

Dari banyaknya street art di berbagai kota di Asia, mungkin sudah saatnya pemerintah Indonesia juga menggandeng seniman setempat. Tentu, kualitas seninya harus dijaga, karena street art bukan sekadar mengamen ecek-ecek.





____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar