Tempat Baru di Raja Ampat Untuk Foto Keren

Jika di utara Raja Ampat ada Wayag yang terkenal, di selatan ada Misool dengan Puncak Dafalen yang tak kalah keren. Puncak ini menawarkan pemandangan keren yang asyik buat foto-foto.

Di kawasan Misool, Raja Ampat, ada tiga puncak yang pas sekali untuk melihat gugusan pulau kecil dari ketinggian. Ketiganya adalah Dafalen, Dapunlol dan Motnikalet. Dari ketiga puncak itu, yang paling mudah didaki adalah Dafalen.

Puncak Dafalen bisa ditemukan di Misool Selatan. Dari puncak ini akan terlihat pemandangan pulau-pulau karst yang begitu cantik. Tak kalah dengan Wayag di bagian utara Raja Ampat.

detikTravel berkunjung ke Puncak Dafalen pada hari Jumat (23/10/2015), di sela The Nature Conservancy Media Trip Misool. Tempat ini bisa dicapai naik speedboat sekitar 30 menit dari Kampung Harapan Jaya.

Puncak Dafalen tingginya mencapai 60 meter. Traveler yang ingin mencapai puncak, harus mendaki selama sekitar 15 menit. Traveler harus ekstra hati-hati karena batuannya tajam dan memang belum ada jalur yang bagus serta mudah didaki.

Saat hampir mencapai puncak, ada jembatan kayu kecil dengan lubang menganga di bawahnya. Jembatan ini harus dilewati dengan hati-hati. Tapi tenang saja, setelah melewati semua rintangan pendakian, rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan.

Gugusan pulau karst khas Raja Ampat berdiri dengan kokoh di bawah. Sungguh memesona dan rasanya ingin sekali berlama-lama duduk di puncak. Di sini, memang disediakan sebuah tempat duduk kayu untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sekitar.

Sayangnya saat itu langit sedikit berkabut, sehingga jarak pandang agak berkurang. Walaupun begitu, keindahan alam sekitar tetap bisa memanjakan mata.

Untuk foto-foto dari berbagai sudut pun hasilnya tetap oke. Selain itu, puncak ini masih belum ramai oleh wisatawan. Sehingga lebih bebas untuk berfoto dengan berbagai pose dan latar yang diinginkan.

Jalur pendakian ke Puncak Dafalen ini rupanya memang belum lama dibuka. Jalur tersebut dirintis oleh seorang warga Kampung Yellu bernama Nawawi Mayor (32). Saat dihubungi detikTravel dalam kesempatan terpisah, ia mengatakan bahwa jalur ini baru dibuka sekitar 6 bulan yang lalu.

"Kurang lebih 6 bulan. Jadi saya pernah terlibat di LSM, saya juga sebagai tour guide. Jadi saya berpikir Misool ini juga bisa kayak Wayag, Piaynemo yang sudah terkenal. Makanya saya coba survei, ada beberapa titik," ujar Nawawi.

Ketika tiba di Puncak Dafalen, Nawawi berpikir bahwa ini cocok untuk dijadikan spot melihat pemandangan serta foto. Dia pun mencoba membuka jalan bersama beberapa saudaranya selama beberapa hari. Tali dan tangga sederhana untuk membantu naik pun juga dibuat.

Nawawi berharap, ke depannya pemerintah ikut memfasilitasi pengembangan pariwisata Dafalen. Jalur pendakian juga diharapkan bisa direnovasi menjadi lebih bagus serta mudah didaki wisatawan. Dengan begitu, turis semakin senang dan nyaman mendaki Puncak Dafalen.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar