Ibukota Negara Paling Dingin di Dunia

 Ibukota negara mana yang paling dingin di dunia? Mungkin Anda tidak akan menyangka, jawabannya Ulan Bator di Mongolia. Suhunya bisa mencapai minus 30 derajat Celcius!

Ulan Bator atau biasa disebut juga Ulaanbaatar adalah ibukota Mongolia. Negara di kawasan timur Asia ini 'dikurung' Rusia di bagian utara dan Tiongkok di bagian selatan. Situs CNN Travel seperti ditengok oleh detikTravel, Selasa (1/3/2015) menyebutkan Ulan Bator dinilai sebagai ibukota negara paling dingin di dunia.

Pun begitu dengan Reuters dan BBC, memberikan penilaian yang sama. Suhu rata-rata di sana tak lebih dari 20 derajat Celcius. Itu pun pada siang hari, yang malam harinya bisa turun ke angka 14 derajat Celcius.

Itu suhu pada musim panasnya, pada kisaran bulan Mei sampai September. begitu sudah masuk musim dingin di akhir tahun, yang puncaknya dari bulan Desember sampai Januari, rata-rata suhu di Ulan Bator yakni minus 30 derajat Celcius!

Di dua bulan itulah, Ulan Bator layaknya kota mati. Penduduk kotanya yang sebanyak sekitar 1 juta orang, lebih memilih diam di rumah. Jalanan penuh dengan salju tebal dan angin yang bertiup membuat udara semakin dingin.

Sudah tentu, penduduknya menyiapkan persedian makanan dan air di musim dingin. Sejauh mata memandang di kota ini, semuanya warna putih!

Masuk ke bulan Februari, suhu udara mulai hangat. Yang tadinya minus 30 derajat Celcius naik ke minus 16 derajat Celcius. Orang-orang sudah bisa keluar rumah, untuk melanjutkan aktivitas mereka.

Kota Ulan Bator, lokasinya ada di bagian utara Mongolia. Yang menarik adalah wilayah selatan yang didominasi Gurun Gobi dan wilayah utaranya punya perbedaan suhu yang sangat mencolok. Di bagian selatan, suhu paling ekstrem mencapai angka minus 40 derajat Celcius di kala malam. Kemudian, 40 derajat Celcius saat siang hari.

Cara menuju Mongolia, tersedia beberapa penerbangan langsung. Pertama dari Tingkok, naik maskapai Air China dari Bejing dan maskapai Hunnu Air dari Manzhouli. Lalu dari Rusia, maskapai Aeroflot dari Moskow dan Korean Air yang terbang dari Seoul, Korea Selatan. Terakhir, dari Hong Kong dan Jepang dengan maskapai yang sama Air China serta Turkish Air dari Bishkek, Krigistan.

Mau mampir ke ibukota negara paling dingin di dunia ini?












____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Komentar