'Bola Golf Raksasa' Tempat Paling Rahasia di Bumi

Dari jauh terlihat unik karena seperti bola golf raksasa. Tapi siapa sangka, ternyata inilah pangkalan militer paling rahasia di Bumi.

Situs BBC Travel, seperti ditengok detikTravel, Senin (7/3/2016) memasukannya dalam daftar 'Five Places You're Not Allowed to Visit' alias 5 tempat yang tak boleh dikunjungi traveler. Inilah, Royal Air Force Menwith Hill yang berada di Inggris.

Lebih singkat, sebut saja namanya RAF Menwith Hill. Lokasinya di Harrogate, North Yorkshire yang berjarak sekitar 4 jam naik mobil dari London. Tampak dari kejauhan traveler pasti dibuat kaget, sebab banyak bangunan bulat dan berwarna putih, mirip seperti bola golf tapi ukurannya raksasa!

Namun sayang, traveler tidak diizinkan melewati pagar pembatasnya. Jelas-jelas tertulis larangan, 'No Unauthorised Access' dan barangsiapa yang masuk, akan ditindak sebagai pelaku kriminal.

RAF Menwith Hill adalah pangkalan militer milik intelijen Inggris dan Amerika. Usut punya usut, dibangun pada tahun 1954 dan menyimpan data-data 'top secret'. Kabarnya, menyimpan pula rahasia terkait perang dingin dengan Uni Soviet (nama Rusia di kala dulu).

Lebih dari itu, RAF Menwith Hill pun disinyalir menyelidiki pergerakan teroris internasional, perdagangan narkoba, dan salah satu pusat untuk satelit AS. RAF Menwith Hill pun bekerjasama dengan ECHELON, yakni jaringan analisis intelijen signal yang dioperasikan atas nama lima negara yang terdiri dari Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris dan Amerika Serikat.

Walau bangunannya unik dan dikelilingi lanskap pegunungan cantik, RAF Menwith Hill pasti bikin traveler penasaran. Namun sekali lagi, traveler tidak diizinkan masuk ke dalamnya dengan alasa apapun. Hanya NSA (National Security Agency) alias Badan keamanan Nasional AS dan anggota ECHELON saja yang boleh masuk.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Komentar