Ini Dia Wisata Jembatan Kaca di Tiongkok

Negara ini memiliki sejarah peradaban kuno yang terkenal di dunia, selain wisata alam, sejarah, budaya bahkan wisata belanja, anda pun bisa melakukan wisata yang terbilang ekstrim di Tiongkok. Seperti beberapa tempat berikut ini, dimana wisatawan bisa merasakan berjalan diatas jembatan kaca, diatas ketinggian yang tidak main-main. Bagi wisatawan yang memiliki phobia terhadap ketinggian, pastinya membutuhkan nyali yang ekstra. Berikut 4 Wisata Jembatan Kaca di Tiongkok Yang Menakjubkan.

1. Tianmen Skywalk - Hunan
Jembatan ini memiliki ketinggian 1432 m diatas permukaan laut itu sangat unik, karena menempel pada dinding tebing dan memiliki panjang sekitar 60 m melingkari tebing gunung Tianmen provinsi Hunan. Di sini anda bisa melihat dengan jelas keindahan alam, pemandangan kota serta jurang yang membentang di bawah. Gunung Tianmen juga biasa disebut dengan gerbang surga, itu karena terdapat sebuah goa alam besar yang membentang di gunung tersebut.
Tianmen juga merupakan salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.  Untuk mencapai puncak jembatan kaca ini, anda harus terlebih dahulu menaiki sebanyak 999 anak tangga. Namun lelah yang dirasakan akan hilang ketika sudah mencapai puncak dari jembatan yang memiliki lebar sekitar 3 m tersebut. Pengunjung Tianmen akan merasakan berbagai sensasi yang sangat luar biasa, karena dari jembatan yang berbahan kaca ini, pengunjung bisa melihat curamnya pemandangan dibawahnya, bahkan terkadang pengunjung juga melihat awan-awan yang berada dibawah kaki tersebut.

2. Jembatan Kaca di Pingjiang - Hunan
Jembatan kaca yang menghubungkan antara 2 bukit ini terdapat di ketinggian 180 meter. Berbeda dengan Tianmen Skywalk yang menempel di tebing, jembatan di wilayah Piangjiang, Hunan ini berbentuk layaknya jembatan gantung, apabila anda berjalan diatas permukaan jembatan ini, membuat anda seakan-akan melayang di udara. Pemandangan yang dibisa nikmati disini mencapai 180 derajat, dimana para pengunjung bisa melihat langit, perbukitan maupun hutan yang ada di sekitarnya.

Walau dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan, jembatan yang menggantung disepanjang 300 meter ini tetap akan membuat pengunjung yang berjalan diatasnya merasa teruji adrenalinnya. Hal tersebut diantaranya adalah karena kencangnya angin yang berhembus, serta terkadang membuat jembatan ini bergoyang-goyang yang tentunya menambah rasa ngeri bagi siapapun yang sedang berada diatasnya. Namun mengenai faktor keamanan, jembatan kaca ini terbukti aman, karena dilengkapi oleh pembatas besi dan tali yang cukup tinggi.

3. Yuanduan - Chongquing
Selanjutnya adalah jembatan kaca Yuanduan yang berlokasi Longgang National Geological Park, Chongquing. Jembatan kaca ini memiliki bentuk Grand Canyon Skywalk, Amerika Serikat. Namun jika dibandingkan, Yuanduan memiliki jarak yang lebih panjang dibandingkan dengan Grand Canyon Skywalk. Pada saat pembukanya, dipertunjukkan aksi terjun bebas yang dilakukan oleh dua penerjun yang memiliki kebangsaan Tiongkok dan Amerika Serikat.
Pembangunan jembatan berbentuk Tapal Kuda yang memiliki ketinggian 718 meter dari permukaan tanah ini dimulai sejak Maret 2014, berada diatas lembah yang sangat curam, Yuanduan memiliki kekuatan untuk menahan beban hingga 1000 ton dan mampu bertahan jika gempa sampai 8,0 skala richter. Dalam satu sisi kunjungan, jembatan Yuanduan dapat menampung 200 orang pengunjung selama 30 menit. Harga tiket untuk memasuki area jembatan kaca ini adalah 60 Yuan atau sekitar Rp. 127.000 untuk satu orang.

4. Zhangjiajie Grand Canyon - Hunan
Wisata jembatan kaca berikutnya terdapat di Zhangjiajie, taman nasional yang indah di Provinsi Hunan. Pemandangan alam yang mengagumkan di Taman Nasional ini mampu memanjakan mata para pengunjung. Banyak wisatawan dari seluruh dunia penasaran untuk melihat keindahan hutan dan sekitarnya.
Nama Zhangjiajie pun makin populer dengan jembatan kaca ini, jembatan yang dibangun oleh seorang Arsitek Israel yang bernama Huajuan Road ini memiliki panjang 430 meter dengan lebar 6 meter dan melayang diatas ketinggian 300 meter. Bagi perbandingan tinggi jembatan kaca di Grand Canyon, Amerika Serikat adalah 219 meter dengan panjang 21 meter, sedangkan Canada Skywalk, Alberta yang dibuka pada tahun 2014 dibangun sepanjang 35 meter dari tebing dengan ketinggian 300 meter, jembatan ini mampu menahan beban sebanyak 800 orang.

Tidak hanya jembatan kaca yang menjadi daya tarik Zhangjiajie, ditempat ini juga akan Bungee Jumping tertinggi didunia. Zhangjiajie sendiri merupakan Taman Wisata yang dibuka sejak tahun 2009 dengan luas sekitar 56 km persegi, yang berada didalam kawasan Wulingyuan.
Itulah 4 Wisata Jembatan Kaca di Tiongkok Yang Menakjubkan. Bagi anda pecinta adrenalin, nampaknya ke-4 Wisata tersebut dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang masuk list daftar yang harus anda kunjungi pada saat berkunjung ke Tiongkok.

Komentar