Menikmati Ragam Teh Sedunia di Solo


Bagi Anda yang gemar minum teh, jangan melewatkan kesempatan berharga mengunjungi festival teh internasional di Solo, Jawa Tengah pada 12-15 Oktober 2012. Festival yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini menawarkan petualangan baru bagi penggemar teh.

Salah satu acara menarik adalah bazar teh yang dihelat di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, kawasan Ngarsopuro pada 12 dan 13 Oktober 2012. Sekitar seribu penjual teh akan memenuhi kedua sisi jalan sepanjang 500 meter tersebut mulai sore hingga malam hari. Masing-masing memiliki racikan dan kreasi teh yang berbeda.

Ketua penyelenggara festival teh internasional Arys Buntoro mengatakan ada alasan khusus di balik pemilihan Solo sebagai tuan rumah festival teh internasional pertama. "Solo ibarat etalase teh di Indonesia," ujarnya, Jumat 12 Oktober 2012.

Meskipun tidak ada kebun teh di Solo, tapi budaya minum teh begitu kuat di Kota Bengawan. Karenanya, tak heran bermunculan penjual teh yang juga penjual angkringan di berbagai sudut kota. Tiap angkringan punya resep dan cara meracik teh yang berbeda. "Budaya mencampur dan meramu resep minuman teh hanya ada di Solo," kata dia menambahkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta Widdi Srihanto mengajak penggemar teh untuk datang dan menikmati keragaman teh di Solo. Tak hanya itu, masyarakat juga dimanjakan dengan berbagai acara yang berhubungan dengan dunia teh.

Arys mengatakan ada tujuh ahli atau master teh internasional yang akan menyumbangkan ide atau berbagi pengalaman soal teh. Misalnya Soren M. Chr Bisgaard dari Jepang yang akan menyampaikan tentang budaya minum teh, manfaat teh, dan cara membuat teh di Negeri Matahari Terbit.

Ip Wing-Chi dari Hong Kong yang ahli di pengolahan teh pasca panen supaya menghasilkan teh yang lebih berkualitas dan Rajah Banarjee dari India yang ahli dalam pertanian teh.

Expo menampilkan 26 produsen teh seperti PT Perkebunan Nusantara XII dan VIII, Gunung Subur, Teh Gopek, Teh Dandang, dan Teh 63. Selain menjual produk teh dalam berbagai kemasan, peserta juga menampilkan peralatan penyeduh teh dan cara meracik teh. Expo terbuka untuk umum mulai 12-14 Oktober 2012 di Balai Kota Surakarta. 

www.amwtour.com

Komentar