Ada Masalah di Bandara, Lapor Kemana?


Ketinggalan pesawat, tas dirusak atau ponsel hilang adalah hal yang mungkin sering terjadi di bandara. Saat mengalami hal seperti itu, kemanakah traveler harusnya mengadu? Ini dia jawabannya.

"Pertama, pengunjung bisa melaporkan ke petugas bandara," ujar Coorporate Secretary Angkasa Pura II, Trisno Heryadi

Setelah itu, menurut Trisno, petugas bandara akan memberi pengetahuan umum mengenai masalah yang dialami traveler. Jika pengunjung benar-benar bingung, petugas akan mengantarkan menuju kantor atau bagian yang akan membantu menyelesaikan masalah mereka.

"Seperti contoh, petugas bandara akan mengedukasi pengunjung yang kehilangan bagasi. Mereka akan diberitahu bahwa ada bagian lost and found, dan selanjutnya, masalah akan diselesaikan dengan maskapai terkait," lanjut Trisno.

Masalah yang terjadi saat ini adalah, pengunjung yang kebingungan di bandara biasanya malas bertanya dan jarang memperhatikan papan pengumuman. Jadi, jangan takut atau malu bertanya jika sedang mengalami masalah.

"Tapi ingat, bertanyalah pada petugas resmi. Ada pos informasi, ada juga petugas bandara yang bisa dimintai keterangan. Jika tidak ada, pengunjung bisa bertanya pada petugas keamanan yang memang tugasnya berpatroli," kata Trisno.

Pihak Angkasa Pura II pun memiliki rencana menarik untuk membantu para pengunjung di bandara. "Kita sekarang punya Duta Bandara. Hadirnya saat peak season," tuturnya.

Mereka akan dikerahkan terutama saat sedang musim liburan. Gunanya untuk mengantisipasi penumpang yang kebingungan. Lucunya, para Duta Bandara ini akan menggunakan sepatu roda. "Bandara kan luas ya, jadi mereka pakai sepatu roda agar lebih leluasa dan cepat bergeraknya," lanjutnya.

Para penumpang yang sedang bingung ini akan dihampiri lalu dibantu untuk menyelesaikan masalah mereka. "Para Duta Bandara akan membantu orang-orang yang kebingungan mengurus embarkasi," kata Trisno memberi contoh.

Selain itu, Duta Bandara juga akan berkeliling untuk mengontrol fasilitas yang ada di Bandara Soekarno Hatta. Jika kedapatan ada yang tidak baik atau tidak berjalan dengan lancar, maka akan langsung dilaporkan ke petugas atau pengurusnya. Pengunjung tidak terlalu mengerti menggunakan fasilitas bandara pun akan diedukasi oleh para Duta Bandara ini.

"Bagaimana menggunakan toilet yang benar, bagaimana membuang sampah di tempatnya," katanya.

Menurut Trisno, pihak Angkasa Pura akan membantu semaksimal mungkin mengenai masalah yang dialami para pengunjung. Namun ada sebagian masalah yang datangnya dari maskapai. Pihak bandara hanya bisa memberi pengetahuan bagaimana mengurus masalah itu kepada maskapai terkait, tapi tidak bisa ikut campur menyelesaikan masalah tersebut.

www.amwtour.com

Komentar