Menara Eiffel jadi ikon paling terkenal Kota Paris, Prancis. Tapi siapa sangka, setidaknya ada 9 replika Eiffel di berbagai negara. Ada yang punya topi koboi di atasnya, ada pula yang merangkap menara pemancar selular.

Menara Eiffel dirancang oleh seorang insinyur bernama Gustave Eiffel. Dibangun pada 1889, menara ikonik ini punya tinggi 324 meter.

Saking terkenalnya, beberapa negara punya replika Menara Eiffel. Mengutip Huffington Post, Senin (2/2/2013), inilah 9 replika Menara Eiffel di berbagai negara:
1. Paris, Texas, AS

Di Texas, AS ada kota bernama Paris. Itu sebabnya mereka membangun replika Menara Eiffel. Dibangun tahun 1993, replika Menara Eiffel ini dibangun untuk menyaingi replika Menara Eiffel lainnya yang dibangun di Tennessee pada tahun yang sama.

Pada awalnya, replika Eiffel di Texas dibangun 1,5 meter lebih tinggi dibanding yang ada di Tennessee, namun menara saingannya itu malah jadi lebih tinggi. Demi memenangkan persaingan, ditambahkanlah topi koboi di atas Menara Eiffel yang ada di Texas. Voila!

2. Parizh, Rusia

Tahukah Anda, Rusia punya sebuah desa mungil bernama Parizh. Tepatnya di Nagaybaksky District, Chelyabinsk Oblast. Sesuai namanya, Parizh punya replika Menara Eiffel yang dibangun tahun 2005.

Dengan skala 1:6 dibanding ukuran asli Eiffel, menara ini merangkap sebagai pemancar seluler.

3. Slobozia, Romania

Ada kisah di balik pembuatan replika Menara Eiffel di Slobozia, Romania. Dulu, seseorang membuat taman hiburan di kota kecil ini dengan membangun replika Eiffel. Selain itu, ia juga membuat beberapa replika bangunan yang ada di serial televisi AS tahun 1970-an yakni 'Dallas'.

4. Hangzhou, China

Kota Hangzhou di China adalah tempatnya berbagai replika landmark. Mulai dari Mount Rushmore, The White House, sampai Menara Eiffel. Replika Menara Eiffel dibuat tahun 2007, dan tanah perkebunan masih mengelilinginya.

5.Las Vegas, AS

Ini adalah replika Menara Eiffel yang terbesar, dengan skala 1:2 alias setengah ukuran Eiffel yang asli. Replika Eiffel yang satu ini cukup terkenal seantero AS, dan menjadi bagian dari Paris Las Vegas Casino di Vegas Strip.

6. Filiatra, Yunani

Replika Menara Eiffel berskala 1:18 ini berada di gerbang masuk Desa Filiatra, Yunani. Arsitek yang merancang menara ini juga membangun kastil negeri dongeng tepat di luar Filiatra dalam waktu yang sama.

7. Durango, Meksiko

Replika Menara Eiffel yang satu ini merupakan hasil donasi komunitas warga Prancis di Durango, Meksiko. Sayangnya, vandalisme menjadi masalah utama di menara ini. Meski bagaimanapun, replika Eiffel di Durango masih disinari lampu saat malam dan punya ayunan raksasa di bawahnya.

8. Shenzhen, China

Di Kota Shenzhen, replika Menara Eiffel merupakan bagian dari taman hiburan bernama 'Window of the World'. Sekitar 130 ikon dan landmark berbagai negara dibangun di taman bermain ini, dengan Menara Eiffel sebagai bangunan tertingginya.

9. Paris, Tennessee, AS

Nah, ini dia menara yang jadi saingan replika di Texas. Menara ini dibangun pada 1993, menjadi bagian dari Christian Brothers University di Paris, Negara Bagian Tennessee. Tapi pihak universitas harus menutup menara ini, karena para mahasiswa terus memanjatnya!

Komentar