Gadis Muda Kerja Sambil Keliling Dunia, Asyik Banget!

Banyak anak muda yang ingin berkeliling dunia. Itu mungkin saja dilakukan asal tahu caranya. Seorang gadis muda asal Klaten sudah menjelajah Asia sampai Timur Tengah karena menggabungkan hobi dan pekerjaan.

Bagi pecinta traveling, rasanya beruntung sekali jika bisa kerja sambil jalan-jalan. Archi Persita Wulan Ari, wanita asal Klaten yang kini bekerja di perusahaan travel di Jakarta, telah menginjakkan kakinya di berbagai negara karena pekerjaannya.

"Saya kan kerjanya di travel. Ritz Tour, travel ke tempat sejarah umat Nasrani. Dari kerjaan itu saya ke Middle East, contohnya Mesir, Yerusalem, Yordania, Dubai," ujar Archi (28) dalam perbincangan lewat telepon dengan detikTravel, Jumat (19/6/2015).

Archi mengatakan bahwa karena tuntutan pekerjaan, ia seringkali menemani rombongan turnya ke berbagai negara. Tapi jika ada waktu luang disela-sela menemani rombongan, wanita yang hobi traveling ini sering memanfaatkannya untuk berpetualang sendirian.

"Kalau saat kerja itu kan tempatnya terbatas. Jadi begitu selesai tur dan ada waktu luang, saya jalan-jalan sendiri di sekitar kota," kata Archi.

Perempuan ini tidak takut traveling sendirian di luar negeri. Menurut Archi, menjadi seorang perempuan bukanlah alasan untuk tidak berani pergi sendirian. Justru dengan jalan-jalan seorang diri bisa melatih untuk menjadi wanita tangguh.

"Traveling itu bagus, karena melatih ketangguhan dan bisa lebih mandiri," ucapnya mengenai manfaat traveling untuk perempuan

Selain jalan-jalan karena tuntutan pekerjaan, ia juga terkadang liburan ke luar negeri bersama teman-temannya. Seperti Hong Kong, Macau, Thailand dan Malaysia dia sambangi semua.

Baik jalan-jalan karena pekerjaan maupun liburan bareng sahabat, Archi memperoleh banyak pengalaman menarik. Dari mendapat kenalan baru, mempelajari budaya setempat, hingga pengalaman tak terlupakan seperti mendapat surprise ulang tahun di Israel.

"Waktu ke Israel itu pas banget sama ulang tahun saya. Itu pertama kali bisa ngerayain ulang tahun di tanah suci. Ada surprise juga dari agen yang kita pakai di sana," kata Archi.

Selain itu, Archi juga pernah tersasar saat berpetualang di Israel. Hal-hal tak mengenakkan seperti digoda pria juga pernah ia alami. Tapi semua itu tidak menyurutkan niatnya untuk terus traveling.

"Kesasar pernah waktu di Israel. Ke Israel sudah beberapa kali, tapi belum pernah menginap di hotel itu. Jadi ada plang nama, tapi pas baliknya lupa jalan. Terus kalau digodain cowok waktu itu pernah sih di Israel," ujarnya

Dari trsasar itu, Archi bukannya jadi takut traveling tapi malah makin bersemangat. Gara-gara tersasar ia banyak berinteraksi dengan penduduk lokal dan malah menemukan jalan baru selama ini belum pernah dilewati. Pengalaman digoda cowok juga membuatnya bisa belajar untuk lebih hati-hati.

"Kita harus jaga diri, nggak boleh terlalu ramah, nggak boleh terlalu sombong. Kalau ada yang menjurus suka godain orang, saya harus lebih hati-hati. Kalau ada yang cakep ngedeketin terus diajak pergi, jangan langsung mau. Kita pasti bertemu banyak orang asing, nggak semuanya niat baik sama kita," jelasnya.

Archi pun berbagi beberapa tips lain buat traveler perempuan yang mau jalan-jalan ke luar negeri. Menurutnya, sebelum berangkat harus cari informasi dulu tentang tempat yang akan dikunjungi. Perhatikan juga siklus datang bulan agar traveling bisa lebih nyaman.

"Cari tahu dulu tempat yang mau kita kunjungi, misalnya cocoknya pakai baju apa, enaknya pakai sepatu apa. Bawa juga obat-obatan, kalau saya pasti prepare itu. Lihat juga siklus haid kita, selalu bawa pembalut," kata Archi.

Buat yang hobi memotret juga jangan lupa bawa kamera. Wanita yang besar di Klaten ini juga hobi fotografi dan ia selalu bepergian dengan membawa sebuah kamera SLR miliknya.

"Saya hobi foto juga. Saya bawa kamera SLR nggka ribet soalnya buat koleksi pribadi juga," ucap Archi.

Archi pun berbagi kisah travelingnya dengan menjadi travel blogger detikTravel yang disebut d'Traveler. Archi telah bergabung menjadi d'Traveler sejak sekitar tahun 2013. Sejauh ini, ia telah menulis 23 kisah perjalanan dan 12 artikel foto tentang perjalanannya di berbagai negara. Kisah traveling di beberapa kota di Indoensia pun tak lupa dia tulis.

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar