Jalur Kereta Gantung Terpanjang Sedunia Ada di Swedia

Traveler pasti pernah naik kereta gantung di Ancol atau TMII. Namun itu tidak ada apa-apanya dengan yang ada di Swedia. Di Negari Viking itu, ada kereta gantung yang membentang sejauh 13 km, terpanjang di dunia!

Kereta gantung terpanjang di dunia ini menghubungkan Kota Oertraesk dengan Kota Menstresk di Provinsi Norsjoe, Swedia. Diintip detikTravel dari situs resmi operatornya, Rabu (1/7/2015), kereta gantung ini ternyata hanya memakai sebagian jalur yang jauh lebih panjang lagi.

Bagaimana tidak, jalur kereta gantung ini panjang totalnya mencapai 96 Km! Menghubungkan Kota Kristineberg dan Kota Boliden, jalur tersebut sudah ada sejak tahun 1943. Fungsinya ada kaitannya dengan sejarah dunia pertambangan di Swedia yang cukup panjang.

Dahulu, jalur tali ini digunakan untuk mengangkut hasil tambang yang diperoleh dari Tambang Boliden untuk kemudian diolah di smelter yang berada di Kota Kristineberg. Hasil tambang berupa tembaga, timbal, seng, sulfur, serta perak diangkut dengan menggunakan kereta gantung yang dikerek melalui jalur tali tersebut.

Setidaknya 12 juta ton hasil tambang diangkut melalui jalur tali itu. Namun sejak tahun 1987, jalur tali tersebut ditutup seiring ditemukannya alat transportasi yang lebih baik untuk memindahkan hasil tambang. Kini, hanya jalur sepanjang 13 Km yang tersisa di Provinsi Norsjoe saja yang digunakan untuk kepentingan pariwisata.

Traveler bisa mencoba untuk naik kereta gantung sejauh 13 Km ini. Setiap kereta mampu menampung hingga 4 orang. Dengan kecepatan 11 km per jam, jarak sejauh 13 Km itu akan traveler tempuh dalam waktu 1 jam 45 menit.

Selama dalam perjalanan, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan alam Swedia yang teramat indah. Hampir 3 Km dari jalur tersebut akan traveler lewati di atas danau-danau, sungai serta aliran-aliran air yang membentang indah di Provinsi Norsjoe, Swedia.

Selain bisa menikmati pemandangan indah, traveler juga bisa menikmati Museum Kereta Gantung untuk melihat sejarah panjang pertambangan di Swedia. Serta menikmati hidangan khas Swedia di Cafe Skraedhuset, begitu traveler tiba di Kota Menstraesk.

Cukup siapkan uang sebesar 310 Kronor atau sekitar Rp 500 ribu per orang, maka traveler sudah bisa merasakan sensasi meniti kereta gantung terpanjang di dunia. Sebelum naik, jangan lupa ke kamar kecil dulu ya!

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar