Kisah Ikan Berkepala Harimau dari Jepang

 Beda negara, beda pula mahluk mitologinya. Di Kastil Himeji, Jepang, wisatawan bisa melihat Shachihoko yang berupa ikan dengan berkepala harimau. Konon, bisa melindungi bangunan dari kebakaran. Seperti apa penampakannya?

"Shachihoko sudah ada dari zaman dulu. Kami juga menyebut mereka God (dewa)," ujar Haruka, seorang pemandu wisata di Kastil Himeji, Himeji kepada detikTravel dalam perjalanan menjelajahi Jepang atas undangan Japan National Tourism Organization (JNTO) dan Cathay Pacific beberapa waktu lalu.

Dalam sejarah, Shachihoko sudah dikenal sejak periode Edo atau sekitar tahun 1600-an. Bentuknya menurut penjelasan Haruka, yakni berbadan seperti ikan dan berkepala seperti harimau. Walau, mungkin beberapa orang menyebutnya berkepala naga.

"Badannya ikan dan kepalanya harimau. Biasanya Shachihoko diletakan di ujung-ujung atap. Posisinya pun, kepala di bawah dan badannya di atas," paparnya.

Benar saja, hampir di setiap atap atau genteng di Kastil Himeji terlihat Shachihoko. Tampak dari jauh, mungkin turis-turis berpikirnya itu adalah tanduk. Tapi begitu dari dekat, terlihatlah bentuknya yang jelas.

"Shachihoko dipercaya dapat melindungi suatu bangunan dari kebakaran. Serta, dipercaya dapat menurunkan hujan," kata Haruka.

Biasanya, beberapa rumah orang-orang Jepang yang tajir memiliki Shachihoko. Begitu pula, dengan bangunan seperti kuil atau kastil. Percaya tak percaya, Shachihoko hanyalah suatu mitologi yang berasal dari Negeri Sakura.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar