Taman Berusia 300 Tahun Seindah Lukisan di Jepang

Okayama Korakuen merupakan salah satu taman paling cantik dan bersejarah di Jepang. Taman ini sudah ada sejak tahun 1700 dan menawarkan keindahan bagai lukisan ala Zaman Edo, untuk semua wisatawan yang liburan ke Jepang.

Okayama Korakuen berlokasi di Kota Okayama, Prefektur Okayama. Lokasinya menjadi satu kawasan dengan Kastil Okayama. Dari stasiun kereta JR Sanyo Line, jaraknya hanya 1,5 km saja.

detikTravel bersama rombongan media dari Jakarta mampir ke Okayama Korakuen beberapa waktu lalu, atas undangan Japan National Tourism Organization (JNTO) dan Cathay Pacific. Satu alasan mengapa kami diajak ke Okayama Korakuen, yakni inilah satu dari tiga taman paling cantik di Jepang.

Okayama Korakuen punya luas mencapai 13 hektar. Sejauh mata memandang, pemandangannya berupa rerumputan dan pepohonan hijau. Ditambah, ada aliran Sungai Asahi yang melintasi bagian tengahnya. Ah... asri sekali!

Selain itu, taman ini sangat bersih dan bebas dari sampah. Ditambah dengan beberapa rumah Jepang yang berasitektur kuno, membuat suasana di dalamnya makin enak dirasa. Belum lagi, Kastil Okayama yang jadi latar pemandangan tamannya menambah elok pemandangan.

Ternyata faktanya, Okayama Korakuen ini bukanlah taman yang baru. Sejarah menyebut, Ikeda Tsunamasa adalah tuan tanah yang memiliki Okayama Korakuen. Dia menyuruh anak buahnya, Tsuda Nagatada untuk membuat taman yang menampilkan suasana di zaman Edo.

Ya, itu artinya Okayama Korakuen dibuat pada zaman pertengahan Jepang. Pada tahun 1700, pembangunan tamannya rampung dan menjadi taman paling cantik di masanya!

Jika dihitung, umur Okayama Korakuen sudah mencapai 300 tahun lebih. Taman ini pun jadi saksi bisu beberapa peristiwa bersjearah di Negeri Sakura, seperti pernah diterjang banjir hebat di tahun 1934 dan sempat rusak pada peperangan Perang Dunia II di tahun 1945. Namun, pemerintah Jepang langsung membangun dan merawat taman ini seperti sedia kala.

Bahkan, pemerintah Jepang memasukan Okayama Korakuen dalam kategori 'Special Place of Scenic Beauty'. Okayama Korakuen pun berada langsung di bawah kementerian kebudayaan Jepang dan dilindungi undang-undang negara.

Kini, Okayama Korakuen difungsikan sebagai tempat untuk menjamu tamu-tamu negara dan sealigus sebagai destinasi wisata. Tiket masuk ke dalamnya sebesar 400 Yen atau setara Rp 43 ribu.

Begitu masuk ke dalam Okayama Korakuen, sungguh seperti memasuki mesin waktu. Suasananya dan pemandangan di dalamnya, benar-benar sulit didapatkan di tempat lain. Umurnya boleh 300 tahun, namun kecantikannya akan tetap abadi.

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar