Bertemu 'Kuda Perang Raksasa' di Canakkale, Turki

Di sekitar Kota Canakkale, Turki ada peninggalan Perang Troya yang menarik dikunjungi traveler pecinta sejarah. Ketika ke sana, traveler juga bisa melihat patung kuda raksasa yang legendaris.

Cerita Perang Troya memang tiada habisnya dan selalu menarik. Sisa-sisa perang ini bisa dilihat di Canakkale, Turki. Untuk mencapai kota ini kami harus menempuh 4 jam perjalanan dengan bus dan menyeberangi selat Dardanella.

Kami tiba pukul 7 malam dan matahari masih bersinar terang. Di akhir musim semi, matahari sepertinya malas tenggelam. Hari mulai gelap ketika pukul 21.00 tiba.

Tepat di pinggir pantai yang cantik, puluhan kapal nelayan tampak sedang bersandar dan ada nelayan yang sedang menjajakan ikan. Kota nelayan ini sangat bersih sekali dan terawat.

Semuanya begitu tertata dengan rapi, bahkan air lautnya bebas dari sampah. Air lautnya begitu jernih dan suasananya seperti di kota-kota nelayan wilayah Yunani.

Canakkale dulunya masuk kedalam wilayah Yunani, tapi setelah pertempuran dahsyat akhirnya kembali kepangkuan Turki di tahun 1925. Sebenarnya ribuan tahun lalu, kota kecil ini masuk kedalam kerajaan romawi kuno dan menjadi ajang rebutan antara dua bangsa besar.

Sekitar 1870, seorang arkeolog amatiran dari Jerman yaitu Heinrich Schilemanns secara tidak sengaja menemukan artefak kuno Kota Troy. Yang semula hanya dijadikan legenda belaka.

Ternyata setelah melakukan ekskavasi besar-besaran selama bertahun-tahun dan bahkan masih dilakukan hingga kini, sejarah mencatat bahwa canakkale dulunya adalah sebuah kota besar di tepi laut.

Benteng besar pun sempat mengelilingi kota tersebut. Pada tahun 1998 kota kecil tersebut menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Lokasi ini tentunya dilindungi yang harus dirawat dengan baik.

Patung kuda Troya raksasa yang disumbangkan oleh artis Hollywood untuk Canakkale pun menjadi penanda tersendiri bagi kota tersebut. Kota ini tampaknya memang semakin hits setelah kisah Perang Troya diangkat ke layar lebar.

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar