Kegiatan Wisnus Diperkirakan Tertinggi Saat Libur Lebaran

Libur Lebaran 2015 bertepatan dengan liburan sekolah. Kegiatan wisatawan Nusantara traveling di dalam negeri, diperkirakan akan mencapai puncaknya di berbagai wilayah di Tanah Air.

"Mobilisasi wisatawan kami perkirakan akan mencapai puncak tertingginya. Apalagi pariwisata itu termasuk industri yang dipengaruhi musim atau seasonal, sehingga secara umum puncaknya akan terjadi saat liburan sekolah anak-anak dan liburan Natal-Tahun Baru," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty, Senin (13/5/2015).

Ia menyadari ada sejumlah industri pariwisata yang menyayangkan peak season tersebut tiba pada bulan yang bersamaan sehingga berpotensi mengurangi jumlah perjalanan wisatawan. Namun, Esthy justru yakin hal itu akan semakin mendongkrak kinerja pariwisata di Indonesia.

"Jadi, saya justru optimis saat liburan sekolah nanti, kunjungan wisatawan akan mencapai puncak," katanya.

Esthy yakin saat Juli, pergerakan wisnus akan mencapai jumlah tertinggi sehingga diharapkan memberikan kontribusi besar khususnya untuk mencapai target pergerakan wisnus sebesar 255 juta. Pihaknya juga menargetkan mampu memobilisasi wisnus hingga 255 juta perjalanan dan pengeluaran wisnus mencapai Rp 201,5 triliun.

"Kami juga berharap jumlah tenaga kerja langsung, tidak langsung, dan ikutan pada sektor pariwisata bisa sebanyak 11,3 juta orang," katanya.

Ia menyebutkan secara makro target kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional tahun 2019 akan menjadi 8 persen, devisa yang dihasilkan sebesar Rp 240 triliun, serta menciptakan 13 juta lapangan kerja. Selain target pergerakan wisnus naik menjadi 275 juta, serta daya saing pariwisata Indonesia akan meningkat berada di ranking 30 besar dunia.

Terkait dengan mudik Lebaran, Kemenpar juga menerbitkan peta jalur mudik plus informasi paket dan destinasi di Sumatera, Jawa, dan Bali. Peta jalur mudik itu sudah mulai didistribusikan sebagian besar di Jakarta.

Peta yang disusun Kemenpar, Kemenhub, Polri, Jasa Marga dll itu dilengkapi dengan harga paket-paket wisata berbagai tujuan, nomor telepon penting, daerah rawan macet, hingga tempat-tempat rekreasi meliputi pantai, taman nasional, diving, surfing, dan pegunungan.

"Kami berupaya agar mobilisasi wisatawan domestik pada musim Lebaran tahun ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa," katanya.

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar