Korea Utara yang (Mulai) Tidak Misterius

 Apa sih yang terlintas di benak kamu saat mendengar kata Korea Utara? Negara komunis, isu nuklir dan terisolasi dari dunia luar. Kini zaman sudah berubah, Korea Utara tampaknya mulai pelan-pelan membuka diri. Khususnya, kepada turis!

Baru-baru ini, dua traveler sekaligus fotografer asal Singapura bikin heboh media sosial. Adalah, Aram Pan dan Mindy Tan yang menjelajahi sudut-sudut Korea Utara yang belum diketahui banyak orang.

Mindy Tan mendatangi Sungai Taedong, Hotel Yanggakdo yang terbesar di Pyongyang, Stasiun Puhung dan masih banyak lagi. Sementara Aram Pan, mendatangi Choungun Rock yang merupakan lembah batu nan cantik dan jadi perbatasan Korea Utara dan Tiongkok, pesisir pantai Provinsi North Hamgyong, mampir ke pasar di kawasan Rason yang berada di zona ekonomi khusus dan lainnya.

Mereka berdua tentu tidak masuk diam-diam. Mereka menggunakan beberapa jasa operator tur ke Korea Utara dan mengirimkan email permohonan izin ke berbagai email untuk pemerintahan Korea Utara. Yang tak disangka, mereka bisa mendapat izin.

Jika ditelaah, beberapa tahun belakangan ini Korea Utara sudah membuka diri mengenalkan sektor pariwisata pada turis. Dalam catatan detikTravel, Rabu (29/7/2015) pada awal tahun 2014 kemarin, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Ul malah membangun resor ski!

Resor ski tersebut bernama Masik Pass Skiing Ground di Masik, Provinsi Kangwon. Fasilitas di sana pun mirip dengan resor-resor ski di Eropa, terdapat 120 kamar yang ada di dalam dua gedung, kolam renang, tempat karaoke, bar, kafe, arena biliard, sauna dan kereta gantung.

Masik Pass Skiing Ground juga punya trek level beginner, intermediate, dan advanced untuk traveler yang bermain ski. Lalu, disiapkan pemandu wisata yang dapat berbahasa Inggris dan para instruktur untuk bermain ski. Catat, pemandu wisata yang bisa berbahasa Inggris!

Itu artinya, resor ski Masik Pass Skiing Ground memang disiapkan untuk turis mancanegara. Untuk apa Kim Jong Ul repot-repot menyediakan pemandu yang bisa berbahasa Inggris, kalau resor skinya untuk rakyatnya sendiri?

Masih di tahun 2014, tepatnya di pertengahan tahun, Korea Utara memberikan akses internet untuk turis. Pemerintah sana menyediakan kartu SIM khusus untuk ponsel yang bisa digunakan untuk internetan. Namun dengan syarat, nomor kartu itu akan hangus saat hari kepulangan turis dan tidak bisa digunakan lagi.

Ya, Turis bisa bebas mengakses berbagai sosial media dari Facebook sampai Twitter. Sesuatu yang tidak akan pernah bisa didapatkan warga asli Korea Utara, karena pemerintah mambatasi akses internetnya.

Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menuju Korea Utara? Dari situs resmi Korea Konsult, turis hanya bisa masuk ke Korea Utara melalui Tiongkok. Caranya pun ada dua, naik pesawat atau kereta.

Maskapai asal Korea Utara, Air Koryo punya tiga penerbangan dalam seminggu yang melayani rute Beijing ke Pyongyang PP. Air Koryo pun melayani rute penerbangan dari Vladivostok di Rusia ke Pyongyang. Selain itu, juga masih ada maskapai Air China yang melayani penerbangan Beijing ke Pyongyang.

Untuk naik kereta, terdapat kereta dengan rute Beijing-Pyongyang melalui dandong dan Sinujiu untuk perjalanan PP. Serta, kereta yang melayani rute Moskow-Beijing melalui Zabaikalsk, Dandong, Sinuiju yang juga perjalanan PP.

Namun tentu, turis yang mau ke sana harus memiliki visa kunju
ngan khusus dari Tiongkok. Jika tak mau repot, beberapa operator tur dari berbagai negara menyediakan paket wisata ke sana. Sebut saja, Universal Travel Corporation dari Singapura, DPR Korea Travel dari Malaysia, Juche Travel Service dari Inggris dan Young Pioneer Tours serta Koryo Tours dari Tiongkok.

Nama terakhir, Koryo Tours merupakan operator tur yang paling terkenal dan sudah melayani banyak turis untuk jalan-jalan ke Korea Utara. Bahkan untuk tahun 2016 mendatang, mereka menyiapkan paket wisata 'Run The Pyongyang Marathon'. Wow!

Kesan Korea Utara sebagai misterius, tampaknya pelan-pelan mulai pudar. Korea Utara mulai membuka diri, khususnya kepada turis untuk terus mengenalkan potensi pariwisata mereka. Entah ke depannya, ada apalagi kabar tentang pariwisata dari Korea Utara?

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar