Ideologi Bangsa Indonesia Lahir di Ende!

Jelang HUT ke-70 RI, pernahkah Anda terpikir darimana ideologi Pancasila lahir? Kota Ende di NTT punya peranan penting dalam lahirnya Pancasila. Di sinilah Soekarno merenung dan merumuskan ideologi negara.

"Tanpa Ende, Indonesia tidak punya ideologi bangsa. Ini pernyataan yang sering saya sampaikan di berbagai macam kesempatan," ujar Bupati Ende, Ir Marsel Petu kepada wartawan, Kamis (13/8/2015).

Ditemui seusai acara pelepasan lomba trekking yang bertempat di Balai Taman Nasional Kelimutu, Marsel memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pernyataan yang dilontarkannya itu.

Menurutnya, jika saja Ir Soekarno tidak dibuang ke Ende melainkan ke daerah lain, belum tentu Pancasila akan lahir seperti sekarang ini. Bisa jadi hanya 3 sila, atau bahkan kurang.

"Potret Kelima sila Pancasila itu bisa dilihat semua di Ende. Ketuhanan ada, kemanusiaan ada, persatuan, musyawarah, keadilan sosial juga. Semuanya sudah diamalkan masyarakat Ende sejak zaman Bung Karno dulu," kata Marsel.

Pernyataan Marsel bukannya tanpa dasar, tetapi memang punya nilai historis yang sudah terbukti kebenarannya. Nilai historis Ende inilah yang juga menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan untuk datang ke sana.

Traveler bisa menapak tilas perjalanan Bung Karno saat dibuang oleh Belanda ke Ende. Kunjungilah Taman Renungan Bung Karno untuk melihat taman serta pohon sukun yang digunakan Bung Karno untuk duduk merenung memikirkan konsep ideologi Pancasila dan kebangsaan di Ende. Ayo ke Ende kalau kamu cinta Indonesia!

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar