Alam Bawah Laut Bunaken, Cantiknya Terbukti!

 Kepulauan Bunaken, Sulawesi Utara adalah salah satu surga bawah laut Indonesia. Baik snorkeling maupun diving, kita akan disuguhi koral warna-warni dan biota laut yang beraneka ragam.

Kepulauan Bunaken terdiri dari 5 pulau besar yakni Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage, dan Nain. Kelima pulau tersebut dikelilingi spot snorkeling dan diving, yang keindahannya terkenal bahkan sampai mancanegara.

detikTravel pada akhir pekan kemarin mengunjungi salah satu spot snorkeling yaitu Timor Point, yang letaknya tak jauh dari Kota Manado. Kapal berangkat dari dermaga milik Grand Luley Resort, dengan perjalanan sekitar 30 menit.

Timor Point bukanlah perairan dangkal seperti spot snorkeling pada umumnya. Ini adalah gabungan spot snorkeling dan diving, berupa wall (tebing) yang langsung berbatasan dengan laut dalam.

Waktu itu sekitar pukul 14.00 Wita, cuaca cukup cerah dan air terasa cukup hangat. Begitu menudukkan kepala dan melihat ke dasar laut, benar saja, terumbu karang terhampar, diramaikan oleh beragam jenis ikan yang hilir-mudik di sekitarnya.

Perairan Bunaken setidaknya punya 58 genus dan subgenus karang keras yang telah diidentifikasi. Ditambah lagi ada lebih dari 2.000 jenis ikan, dengan ikan kupu-kupu saja mencapai 39 spesies.

detikTravel melihat beberapa jenis ikan kupu-kupu, ikan macan, juga si ikan badut yang seperti tak mau jauh-jauh dari rumah anemonnya. Beberapa traveler yang ikut dalam rombongan bahkan melihat penyu. Salah satu dive master di Grand Luley Resort mengatakan, Bunaken memang menjadi salah satu habitat penyu terbanyak di Indonesia.

Traveler bisa menginap di Pulau Bunaken, atau beberapa pulau lainnya di kawasan ini. Namun jika tak mau repot, Anda bisa menginap di Grand Luley Resort yang terletak di ujung Kota Manado. Ini adalah resor dengan dive center terlengkap di Manado, letaknya pun paling dekat dengan Taman Nasional Bunaken.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar