Dampak Tragedi Paris, Kota Lyon Batalkan Festival Cahaya

Tragedi Paris masih berimbas terhadap dunia pariwisata Prancis. Kota Lyon membatalkan festival cahaya tahunan bernama Fete des Lumieres, sebagai solidaritas mengenang tragedi tersebut.

Festival Fete des Lumieres merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Lyon, Perancis. Festival ini akan menampilkan pertunjukan cahaya di seluruh penjuru Kota Lyon, sehingga acapkali membuat kota ini dijuluki sebagai Kota Cahaya. Festival ini diselenggarakan untuk merayakan kelahiran Bunda Maria, santo pelindung Kota Lyon.

Setiap tahunnya festival ini menarik kurang lebih 4 Juta turis dari berbagai penjuru dunia. Namun untuk penyelenggarakan tahun ini, yang diagendakan berlangsung pada Sabtu (5/12) hingga Selasa (8/12) mendatang, terpaksa dibatalkan. Hal tersebut dilakukan guna menghormati tragedi Paris yang terjadi pertengahan November silam.

Dilihat detikTravel dari situs resmi penyelenggara festival tersebut, Senin (30/11/2015), pemerintah Kota Lyon menyatakan untuk meniadakan Fete des Lumieres tahun ini, dan memindahkan perayaannya pada Desember 2016. Sebagai gantinya, pihak penyelenggara akan mengadakan sebuah peringatan untuk mengenang Tragedi Paris pada Selasa (8/12) mendatang.

Alih-alih mengadakan pertunjukan cahaya yang megah dan kerlap-kerlip lampu yang meriah, Festival Fete de Lumiere akan membuat sebuah persembahan untuk para korban Tragedi Paris dengan cara menyalakan lilin, yang akan menyinari Kota Lyon dalam kegelapan. Warga Lyon diimbau untuk menyalakan lilin di rumah masing-masing, serta pada perayaan yang dipusatkan di Incity Tower, yang terletak di tengah Kota Lyon.

Ada pula pertunjukan instalasi seni karya seniman bernama Daniel Knipper berjudul 'Regards', yang akan dipamerkan di Fourviere Hill, sebuah bukit indah di Kota Lyon yang menyimpan aneka destinasi bersejarah seperti Basilika Notre Dame Fourviere, hingga Katedral Saint Jean Baptiste yang sudah berusia ratusan tahun.

Meskipun penyelenggaraan Festival Cahaya Lyon tahun ini dibatalkan dan bisa menurunkan jumlah wisatawan yang berkunjung, tetapi pemerintah kota setempat merasa ini adalah suatu keputusan yang bijaksana dan tepat. Pemerintah Lyon mengungkapkan keputusan ini dilakukan untuk melindungi penduduk Lyon.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar