Peran Vital Operatur Tur Independen dalam Pariwisata Domestik

 Disadari atau tidak, operator tur independen sangat berjasa dalam memajukan dan mengenalkan pariwisata domestik. Melalui paket wisata domestik, potensi wisata daerah jadi lebih dikenal dan terangkat.

Perlahan tapi pasti, pariwisata domestik semakin berkembang karena semakin banyaknya operatur tur independen yang bermunculan. Berbeda dengan operator wisata yang lebih besar, para pelaku tur independen mengenalkan daerah di Nusantara melalui paket wisata dengan tema-tema baru yang mungkin belum dilirik pemain besar.

Pameran Indie Travel Mart 2015 di Mall Cilandak Town Square, Jakarta, menjadi ajang unjuk gigi para operator tur independen. Pameran dibuka Kamis (12/11) kemarin, berlanjut pada Jumat (13/11/2015) sampai akhir pekan nanti.

"Pariwisata Indonesia bisa maju karena kita (operatur tur independen) memberikan omset yang luar biasa ke daerah," ujar pelaku tur independen sekaligus ketua Koperasi Jasa Wisata Mandiri Nusantara, Muhammad Adly Kafadzna kepada detikTravel di sela-sela Indie Travel Mart 2015, Kamis (12/11).

Koperasi Jasa Wisata Mandiri Nusantara atau disingkat Koperasi Tamara adalah wadah legal yang menaungi para opeatur tur independen. Dibentuk pada 8 Mei 2015, Koperasi Tamara telah memiliki 26 anggota awal yang terdiri dari para operatur tur independen. Kehadiran Koperasi Tamara juga menjadi koperasi pertama yang beranggotakan para operator tur dari seluruh Indonesia.

"Intinya kita ingin sama-sama jalan. Kita wadah, kita semua tumbuh dari domestik," jelas Adly yang merupakan pemilik tur Raja Wisata.

Menurut Adly, setidaknya 80% dari operatur tur independen yang tergabung dalam Koperasi Tamara menawarkan paket wisata domestik. Misalnya saja Travacello yang mempunyai paket wisata Raja Ampat dan Indonesia Timur. Ada juga TripTrus yang menjadi tempat kumpulnya para operator tur yang menawarkan berbagai paket wisata dan lainnya.

Dari para operatur tur independen, traveler mendapat info akan tempat wisata di daerah sekaligus menjadi jalan penghubung untuk berlibur. Itinerary mendetil hingga kepastian akomodasi dan transportasi di daerah yang disusun oleh para operator tur, sangat memudahkan traveler.

Terlebih lagi semua paket wisata yang ditawarkan para operatur tur dapat diakses dengan mudah oleh para traveler melalui jejaring internet dan medsos. Sungguh besar jasa operator tur independen dalam memajukan dan mengenalkan pariwisata domestik.

Nah, jika ingin tahu apa saja paket wisata yang ditawarkan operator tur independen, traveler bisa datang langsung ke Indie Travel Mart 2015 di Mal Cilandak Town Square. Pameran mereka masih berlangsung sampai akhir pekan nanti.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar