Ekstrem! Festival Berkuda Menembus Api di Spanyol

 Selain Festival La Tomatina, Spanyol juga punya Festival Luminarias. Traveler bisa melihat aksi berkuda menembus kobaran api.

Setiap bulan Januari, umat Nasrani di Spanyol merayakan Hari Santo Antonius yang dikenal sebagai santo pelindung binatang. Uniknya, masyarakat di Desa San Bartolomeo de Pinares merayakannya dengan Festival Luminarias yang unik.

Dilansir detikTravel dari AFP, Rabu (20/1/2016) masyarakat desa merayakannya dengan menaiki kuda dan menerobos api yang menyala. Walau ekstrem, tradisi tersebut sudah berlangsung lebih dari 500 tahun yang lalu.

Menurut masyarakat setempat, tradisi berkuda menembus api dimaksudkan untuk menyucikan binatang yang identik dengan Santo Antonius. Masyarakat lokal pun mengaku kalau kuda yang dipakai untuk menembus api tidak pernah terluka. Boleh percaya atau tidak.


Jadi sebelum para pengendara kuda beraksi, api akan disiapkan dari jerami dan kayu yang ditumpuk dan dibakar. Setelah api menyala, barulah para penampil berkuda dan menerobos api tersebut dengan gagah berani.

Biasanya tradisi berkuda menembus api dilakukan pada satu hari sebelum perayaan Santo Antonius, yakni pada malam hari hingga tengah malam. Setelah itu, barulah acara dilanjutkan dengan pesta dan perayaan sampai subuh.

Atas keunikan festival tersebut, tidak sedikit turis yang datang ke Desa San Bartolomeo de Pinares di Spanyol untuk menonton. Biasanya penonton yang datang melihat dari jarak sambil mengenakan masker.

Untuk tahun ini, Festival Luminarias sudah berlangsung pada hari Minggu kemarin (16/1). Jika ingin menyaksikannya, traveler perlu datang ke San Bartolomeo de Pinares di Spanyol yang berjarak sekitar 100 km dari ibukota Madrid tahun depan.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Komentar