Kenapa Patung Bocah di Praha Ini Mukanya Bersedih?

 Liburan ke Republik Ceko, traveler bisa berwisata sejarah melihat 82 patung anak-anak bermuka sedih. Monumen itu menyimpan kisah kekejaman Nazi.

Monumen peringatan Lidice yang dikenal dengan sebutan Lidice Children dapat dilihat di Lidice, Republik Ceko. Kalau dari pusat Kota Praha jaraknya sekitar 25 km. Monumen tersebut terdiri dari 82 patung yang menggambarkan anak-anak korban pembantaian Nazi pada Perang Dunia II.

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (29/1/2016), sekitar tahun 1942 seorang petinggi Nazi diserang bom oleh sekelompok orang hingga tewas. Penyerangan terjadi di sekitar Desa Lidice. Desa tersebut akhirnya menjadi target serangan Nazi karena dianggap menjadi tempat para penyerang sang petinggi itu.

Sekitar 170 pria Desa Lidice dibunuh di tempat dan lebih dari 180 wanita serta anak-anak dikirim ke kamp konsentrasi yang berbeda. Setelah membantai hampir seluruh warga desa, ada 82 anak-anak tak bersalah yang masih hidup.

Mereka pun dianggap tak berguna dan hanya menjadi beban. Para bocah itu akhirnya dikirim ke kamp konsetrasi Chelmno. Tanpa ampun, 82 anak-anak tersebut kemudian dibunuh di dalam kamar gas.

Dilansir dari situs resmi Lidice Memorial, setelah peperangan usai, tahun 1969 seorang pembuat patung bernama Marie Uchytilova yang sangat tersentuh dengan kisah tragedi pembantai Desa Lidice, memutuskan mendirikan monumen peringatan korban.

Ia memilih untuk membangun 82 patung anak-anak berwajah sendu dan seolah memandang nanar ke masa depan yang indah, yang tak akan pernah mereka rasakan. Patung terdiri dari 42 anak perempuan dan 40 anak laki-laki, yang dibuat dengan bahan perunggu.


Sayangnya, Uchytilova meninggal sebelum selesai membuat semua patung. Suaminya, JV Hampl kemudian berjuang melanjutkan pembuatan patung tersebut.

Kini, 82 patung itu telah berdiri di Lidice, bekas lokasi pembantaian. Turis dari berbagai belahan dunia pun banyak yang berkunjung ke sana dan mengenang para korban kekejaman Nazi.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Komentar