Apa itu Taiwan Double Tenth ??

Double Ten adalah hari peringatan Wuchang Uprising (武昌起義), atau disebut juga revolusi Xinhai,  yaitu sebuah revolusi yang dimulai pada tanggal 10 Oktober, 1911, yang mengakibatkan keruntuhan dinasti Qing di Cina dan menandai berdirinya Republic of China (ROC). Keruntuhan ini juga mengakhiri era dinasti di Cina yang telah berlangsung selama ribuan tahun. Revolusi ini disebabkan oleh ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahan yang korup, adanya ekspansi asing ke Cina dan kecemburuan terhadap orang Manchu (orang-orang dari Asia bagian timur laut ) yang menguasai orang Han.

Dr. Sun Yat Sen merupakan salah satu tokoh penting dalam revolusi tersebut, yang kemudian juga menjadi president pertama Republic of China (ROC). ROC sendiri berdiri pada tanggal 1 Januari 1912. Sebagai pendukung nasionalis Cina, Dr. Sun Yat Sen banyak menghabiskan waktu di negara barat dan mendirikan Revive China Society di Hawaii. Salah satu filosofi politik Dr. Sun Yat Sen yang terkenal adalah ‘Three Principles of the People‘ yang dapat diringkas sebagai nasionalisme, demokrasi dan kehidupan masyarakat/hajat hidup masyarakat (the people’s livelihood).

Setelah revolusi ini, di Cina banyak terjadi perselisihan dan perebutan kekuasaan. Pada tahun 1921, berdirilah partai komunis Cina, Communist Party of China (CPC) di Shanghai. Partai ini didukung oleh Soviet. Kemunculan partai ini semakin melemahkan kaum nasionalis dengan  partai Kuomintang-nya (KMT). Perselisihan ini menyebabkan terjadinya perang sipil yang berkepanjangan (1927-1950). Akhirnya, pada tahun 1949 CPC berhasil memenangkan perang dan mendirikan negara  People’s Republic of China (PRC di Indonesia sering disebut Republik Rakyat Cina atau RRC). Dan para pendukung ROC pun berpindah ke Taiwan. Lebih dari 1,5 juta warga sipil dan tentara yang pindah ke Taiwan, menyebabkan populasi di Taiwan meningkat tajam menjadi sekitar 7 juta (pada saat itu).

Double Ten Day diperingati baik di Cina daratan maupun di Taiwan, akan tetapi dengan perspektif yang berbeda. Di Cina daratan Double Ten Day dikenang sebagai awal dari revolusi Xinhai yang dihubungkan dengan Dr Sun Yat Sen sebagai bapak bangsa. Di Taiwan, Double Ten Day diperingati layaknya hari kemerdekaan, dengan mengibarkan bendera kenegaraan, menyanyikan lagu kebangsaan serta diikuti dengan parade  militer.

____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Komentar