7 Kebiasaan di Jepang yang Bikin Orang Asing Terkejut

Kebiasaan dan nilai di setiap negara memang berbeda. Makanya, setiap budaya itu unik. Contohnya kebiasaan masyarakat di Jepang. Hal yang normal dilakukan kebanyakan orang di negara lain bisa jadi enggak sopan kalau dilakukan di Jepang. Kamu penasaran apa saja sih kebiasaan unik di Jepang?, Mari kita lihat.

1. Angka 4 Adalah Angka Sial 

    Di negara-negara lain, angka 13 adalah angka sial. Sedangkan masyarakat Jepang percaya angka 4 adalah anka yang buruk. Kenapa? karena angka 4 terdengar mirip dengan kata "kematian." Angka 4 dan "kematian" dalam bahasa Jepang dua-duanya jika dilafalkan berbunyi "shi" makanya penggunaan angka 4 Jepang sangat dihindari. Termasuk ketika memberikan hadiah. Jangan memberikan seseorang 4 set barang sebagai hadiah.

2. Mengeluarkan Ingus di Tempat Soapn

    Mengeluarkan ingus di tempat umum sangat tidak sopan dalam tata krama masyarakat Negeri Sakura ini. Kalau kamu sedang pilek, usahakan kamu menahannya hingga kamu menemukan tempat yang sepi.

3. Bersandar di Bahu Orang

    Di Indonesia, khususnya di Jakarta, kamu akan risih jika ada orang yang menyandarkan kepalanya di pundakamu. Memang sih, dia mungkin lelah. Tapi biasanya orang enggak akan nyaman. Tapi kalau kamu duduk di kereta dan tertidur lelap, enggak masalah kalau kamu menyenderkan kepala di bahu seseorang. Karena semuanya sudah saling paham kalau setiap orang pasti punya perjalanan yang panjang menggunakan kereta. Harimu juga mungkin sangat melelahkan.

4. Cara Makan Mie

    Makan mie diseruput kalau di negara lain, termasuk di Indonesia, tandanya enggak sopan. Tapi kalau di Jepang, suara menyeruput mie itu sah saja. Bahkan tandanya kamu menghormati yang memasak. Dengan kamu menyeruput mie, kamu menunjukkan betapa lezatnya masakan tersebut. Jadi suara kamu makan adalah wujud rasa terimakasihmu kepada yang masak.

5. Cara Sopan Minum Bersama 

    Budaya Barat mengajarkan untuk menuangkan minuman untuk orang lain dahulu baru kemudian tuangkan minuman untuk diri sendiri. Kalau di Jepang, kamu enggak seharusnya menuangkan minuman untuk diri sendiri. Kamu juga harus menunggu orang lain bilai "kanpai" atau cheers dalam bahasa Inggris, baru noleh minum. 

6. Bingkisan Untuk Tuan Rumah 

   Sebagai tamu yang diundang ke rumah seseorang, kamu harus membawa bingkisan atau pemberian untuk tuan rumah. Karena, diundang ke rumah seseorang merupakan suatu kehormatan. Biasanya bingkisan atau hadiah berupa makanan khas dari tempat tinggalmu. Kalau bisa, kamu bungkus rapih hadiah tersebut.

7. Dilarang Memberikan Tip

    Ternyata, memberikan tip di Jepang sangat enggak sopan. Bahkan bisa dibilang merendahkan. Ketika kamu memberikan tip kepada seseorang, orang itu biasanya akan mengejarmu dan mengembalikan uang yang kamu berikan. Kalau kamu merasa orang tersebut sangat berjasa untukmu, sebagai rasa terimakasih, kamu bisa memberikannya sekotak manisan. Tapi jangan pernah kasih uang.

Nah itu dia kebiasaan dan kepercayaan unik yang dimiliki masyarakat Jepang. Memang, sih, tiap negara punya keunikan dan keunggulan masing-masing. Ini yang membuat dunia jadi berwarna, kan?

Komentar