7 Tempat Wisata Paling Populer di China

Tempat wisata di China sudah tidak diragukan lagi keindahannya dan keelokannya, bahkan tempat wisata di China banyak yang mendunia. Tidak mengherankan jika negara China dijadikan sebagai tujuan wisata bagi wisatawan di dalam negeri maupun wisatawan luar negeri.

Tempat wisata di China yang menarik ada di kota-kota besar China seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Guilin, zhangjiajie dan lain sebagainya. Di China pengunjung akan dipersembahkan dengan liburan yang berbeda dibandingkan dengan negara lainnya. Wisatawan yang datang kesana juga akan ditayangkan dengan kebudayaan China yang terasa kental.

Berikut ini beberapa tempat wisata di China yang paling populer :

1. Great Wall China , Beijing






Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini, Tembok Besar China merupakan tempat wisata yang paling populer di China. Tembok Besar China terkenal tidak hanya di warga China saja namun terkenal di berbagai belahan dunia. Tidak jarang ketika berada disini anda akan menemukan warga asing yang berlibur kesini.


Bangunan Tembok Besar China adalah bangunan yang didirikan dari tembok-tembok kecil yang disusun, pembangunan tembok besar tersebut melibatkan berbagai dinasti China dan selama bertahun-tahun lamanya. Tujuan didirikannya tembok besar China itu adalah untuk perlindungan dari invasi orang-orang dari sebelah utara.

Selain keunikannya, Tembok Besar China mengandung sejarah dan sejarah tersebut telah berlangsung lebih dari 2.000 tahun lamannya. Panjang dari tembok besar China adalah 8.800 km. Sayangnya ada beberapa bagian Tembok Besar China yang sudah rusak atau sudah runtuh. Bangunan ini dinobatkan sebagai bangunan yang didirikan oleh tangan manusia dan terpanjang di dunia.

Pengunjung yang berada disini akan merasakan pemandangan di sekitar tembok raksasa yang mengagumkan dan indah. Tembok besar di China ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata anda bersama dengan keluarga. Berkunjung dengan pasangan pun akan terasa menyenangkan ketika berada disini.

Tembok Besar China merupakan salah satu keajaiban dunia sama halnya dengan Candi Borobudur yang menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah.

2. Jiuzhaigou , Sichuan

 

China memang negara yang indah, banyak pemandangan alam nan eksotik dan banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan berbagai macam pemandangan alam yang menarik. Salah satu tempat wisata dengan pemandangan alam yang menarik adalah tempat wisata Jiuzhaigou. Di tempat wisata ini pengunjung akan melihat pemandangan alam nan indah dan eksotik.

Tempat wisata ini berupa lembah dan digambarkan sebagai lembah yang ada di negeri dongeng sebab di lembah itu banyak sekali air terjunnya, terdapat pegunungan karst dan tertutup salju, pirus dan ada danau dengan warna air hijau. Air di danau tersebut sangat jernih sehingga pengunjung yang ada di sana bisa melihat dasar danau itu. Danau tersebut adalah daya tarik bagi pengunjung yang ada di sana.

Jiuzhaigou memiliki keunikan sebab tempat wisata tersebut adalah habitat bagi panda raksasa yang ada di China namun pengunjung yang datang kesana hanya sedikit kemungkinannya untuk bisa melihat hewan tersebut sebab Jiuzhaigou sangat luas dan banyaknya jumlah wisatawan yang ada di sana akan mempengaruhi panda raksasa untuk bersembunyi dari keramaian.

3. The Bund, Shanghai


The Bund adalah salah satu simbol arsitektur yang paling dikenal dari Shanghai. Di tempat wisata di China ini Anda akan menemukan bangunan khas kolonial Eropa, dan di sisi lain terdapat gedung-gedung pencakar langkit. The Bund juga merupakan salah satu distrik perumahan dan bisnis yang terkemuka di dunia. Bund juga merupakan daerah yang paling makmur di Shanghai pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Saat Anda berjalan-jalan santai di sepanjang sungai Huangpu Jiang, Anda akan seolah lupa jika sedang terdampar di tengah kota terbesar di China. Ada 52 bangunan Inggris dan Perancis yang diawetkan di sini dengan gaya arsitektur Renaissance dan Gothic.

4. Giant Panda, Chengdu

 
Lucunya panda tidak hanya dicintai oleh penduduk China, tetapi juga oleh seluruh orang di dunia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Di China sendiri terdapat banyak kebun binatang tempat Anda bisa melihat hewan khas dari Negeri Bambu ini, tetapi perlu Anda ketahui bahwa rumah dari panda raksasa khas China adalah di Chengdu. Ada tiga tempat di Chengdu di mana Anda bisa melihat langsung tingkah lucu seekor Panda, yaitu Chengdu Panda Breeding and Research Center, Bifengxia Panda Base, dan Dujiangyan Panda Valley.


5. Potala Palace, Lhasa



 

Tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi adalah Potala Palace. Istana ini berada di ketinggian sekitar 130 meter di atas lembah Lhasa. Disini pengunjung akan melihat arsitektur istana yang sangat menarik dan menawan. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1645. Istana dijuluki oleh mutiara atap dunia. Arsitektur yang ada di istana ini menunjukan arsitektur Tibet yang begitu cemerlang, pada jaman kuno di Tiongkok bangunan tersebut adalah bangunan yang terpopuler di sana.

Potala Palace merupakan tempat untuk kegiatan berpolitik, kegiatan untuk beragama dan juga tempat tinggal bagi Dalai Lama Tibet dari waktu ke waktu. Skala dari istana ini sangat besar yaitu dilapisi dengan tiga lapis pagar tembok. Dalam istana tersebit pengunjung akan melihat seribu balairung.

Di dalam Potala Palace ada Istana Merah dan menjadi bagian utama dari Potala Palace. Di dalam Istana Merah ada balai pagoda arwah Dalai Lama dari berbagai macam zaman dan berbagai ruang untuk pemujaan Buddha. Balai pagoda yang paling indah adalah Balai Pagoda Arwah Dalai Lama V Losan Jiacuo. Tinggi dari pagoda tersebut sekitar 15 meter. Dasar dari pagoda bentuknya adalah persegi dan atap dari pagoda berbentuk bundar. Jenazah dari Dalai Lama V disimpan dalam pagoda tersbeut dan juga diawetkan menggunakan bahan pewangi dan bahan pengawet lainnya.

Yang unik dari pagoda ini adalah pagoda tersebut dilapisi dengan emas sebanyak 3724 kilogram dan terdapat tahta dari intan sebanyak 15 ribu lebih. Selain intan, pagoda itu bertahta zamrud, mutiara, giok dan juga batu akik yang harganya sangat mahal. Alas pagoda dilengkapi dengan berbagai macam alat untuk upacara sembahyang. Pada balairung sebelah barat adalah ruang pagoda untuk arwah Dalai Lama V dan merupakan balairung paling besar di dalam Istana Merah. Dalam balairung untuk arwah Dalai Lama V tersebut ada 48 tiang kayu dengan ukuran besar dan masing-masing tingginya adalah 6 meter.

6. Forbidden City, Beijing

 
 
Dulu tempat ini merupakan sebuah istana di mana orang-orang biasa tidak diijinkan untuk masuk ke dalamnya. Istana ini merupakan potret dari arsitektur kuno China yang megah, dengan lebih dari 8.000 kamar, beratap emas dengan cat merah dan kuning yang didesain sangat elegan. Kota Terlarang adalah istana kekaisaran dari Dinasti Ming dan Qing selama 560 tahun sampai dengan tahun 1911 dan sebanyak 24 kaisar pernah tinggal di sana.

Saat ini Fobidden City telah menjadi Warisan Budaya Dunia dan dikenal sebagai ‘Museum Istana’ tempat peninggalan budaya dan sejarah China. Istana ini juga diakui sebagai salah satu dari lima istana di bumi yang paling penting, bersama dengan Istana Buckingham di Inggris, Gedung Putih di AS, Istana Versailles di Perancis, dan Kremlin di Rusia.

7. Mount Huang, Anhui

 

Mount Huang adalah tempat wisata di China yang populer. Gunung ini ada di China bagian timur. Orang sekitar menyebutnya dengan Yellow Mountain. Wisata ini terkenal sebab pemandangan di gunung Huang yang sangat menawan. Pengunjung bisa melihat deretan pohon pinus, adanya granit di gunung Huang dan awan yang indah di atas gunung.

Gunung ini cocok bagi anda yang suka dengan aktivitas pendakian. Ketika mengunjungi gunung ini anda akan dikenakan tiket masuk, tiket masuk untuk mendaki gunung ini adalah 230 yuan dan jika di rupiahkan adalah Rp. 460.000. Memang cenderung mahal namun gunung tersebut terawat dengan baik, saat mendaki anda tidak akan menemukan sampah yang tercecer di gunung tersebut dan ada tempat sampah disediakan oleh pengelola tempat wisata tersebut. Mendaki gunung Huang berbeda degan mendaki gunung di Indonesia, jalur pendakian sudah dibuat oleh pengelola wisata yaitu dengan membuatkan tangga-tangga dari bebatuan, tidak ada tanah tanpa batu di jalur pendakian sehingga ketika hujan tidak ada jalur pendakian yang terkena becek.

Gunung Huang memiliki banyak puncak gunung, namun diantara banyak puncak itu ada 3 puncak tertinggi dan paling terkenal yaitu Lotus Peak dengan tinggi 1.864 meter, Bright Summit Peak dengan tinggi 1.840 meter dan Heavenly Capital Peak dengan tinggi 1.829 meter. Agar kelestarian gunung tetap terjaga tiap 5 tahun sekali puncak gunung tersebut akan ditutup secara bergantian. Untuk Lotus Peak ditutup mulai dari tahun 2013 dan ditutup selama 5 tahun lamanya.

Bagi yang capek sehabis mendaki gunung tidak perlu khawatir karena di atas gunung sudah ada hotel yang nyaman untuk melepas penat, hotel tersebut adalah Baiyun Hotel. Saat malam hari setiap 10 meter panjangnya ada lampu taman kecil yang menerangi jalan pendakian sehingga pendaki tidak perlu khawatir ketika mendaki saat malam hari. Berikut ini ada beberapa tips bagi anda yang ingin mendaki gunung Huang :

   - Menggunakan tongkat, tongkat tersebut mampu menopang tubuh anda. Sebelum mendaki ada orang yang berjualan tongkat disana, 1 tongkat harganya adalah 3 yuan.
   - Membawa jas hujan selain melindungi saat gerimis atau hujan datang, jas hujan juga mampu mengurangi hawa dingin yang menyerang tubuh.
   - Menggunakan sepatu ternyaman. Orang yang mendaki gunung ini menggunakan pembungkus sepatu yang tahan air dikarenakan sepatu akan mudah lembab dan bau ketika terkena gerimis atau air hujan.
   - Bawa bekal makanan dan minuman sendiri, saat mencapai di atas gunung makanan dan minuman harganya bisa mencapai berkali-kali lipat mahalnya. Dengan begitu anda bisa menghemat pengeluaran.
   - Membawa jaket untuk menghangatkan tubuh.
   - Kebanyakan petunjuk yang ada di jalur pendakian tertulis dalam bahasa China, jika anda tidak mengerti  bahasa Chjina anda tinggal mengikuti arah panah yang ada di dalam petunjuk tesebut.


Bagaimana menurut kalian , wisata yang menarik bukan ? ,
Bagi yang pengen kesana kami menyediakan tour ke China  , info dan detail kunjungi web kami 
di : www.amwtour.com
telp : ( 061 ) 4522667







Komentar