Aquarium Terbesar Sedunia Ada di China

Traveler mengenal S.E.A. Aquarium di Singapura sebagai aquarium dengan panel terbesar sedunia. Namun kini, posisi itu digantikan oleh Hengqin Ocean Kingdom di China. Aquarium ini juga menyabet 4 rekor Guinness lainnya !



South East Asia (S.E.A.) Aquarium di Resorts World Sentosa, Singapura, dikenal sebagai akuarium dengan panel terbesar di dunia. Panjangnya 36 meter dengan tinggi 8,3 liter, serta diisi 42,8 juta liter air.

Namun kini, rekor tersebut disabet oleh Hengqin Ocean Kingdom di Hengqin, Provinsi Guangdong, China. Akuarium ini sudah menyabet 5 rekor Guinness termasuk panel terbesar sedunia!

5 rekor tersebut adalah akuarium terbesar, kubah bawah air terbesar, tanki akuarium terbesar, panel akrilik akuarium terbesar, dan jendela akuarium terbesar sedunia.



Ada 7 tema berbeda di dalam taman rekreasi ini. Setiap tema merepresentasikan samudera yang ada di dunia. Jika ditotal, akuarium yang ada di sini membutuhkan 48,75 juta liter air asin dan air tawar. Dengan begitu, jadilah Hengqin Ocean Kingdom sebagai akuarium terbesar di dunia.

Jendela akuarium terbesar di dunia juga ada di sini. Tiap area menyuguhkan pengalaman berbeda, tepatnya di Ocean Wonders. Whale Shark Exhibit memiliki panel akrilik terbesar di dunia dengan ukuran selebar 38,6 meter dan tinggi 8,3 meter.

Yang paling keren, ada kubah akuarium terbesar di dunia. Jika di SeaWorld ada terowongan bawah air, di sini, Anda bisa berdiri di bawah kubah yang atasnya merupakan akuarium. Di mana, aneka biota laut meluncur bebas dan ceria di dalam air, terlihat sempurna dari bawah sana.

Total diameternya mencapai 12 meter dan bisa dimasuki banyak orang sekaligus. Jangan heran jika Anda akan menganga sambil menengadah saat berada di bawah akuarium kubah tersebut.

Di dalamnya, akan ada akuarium khusus hiu paus, pinguin, dan beruang kutub. Ditambah dengan beberapa display hewan endemik China seperti lumba-lumba putih. Nah, selain menikmati sensasi lebih dekat dengan biota laut di akuarium, pengunjung juga bisa menonton film 4D.

Ada pula roller coaster yang melewati hutan hujan buatan, dan roller coaster yang melewati tempat beruang kutub.



Tak hanya itu, Ocean Wonders juga menyabet rekor kubah bawah air terbesar sedunia dengan diameter 12 meter. Kubah ini dibangun di dalam tanki raksasa yang diisi 22,7 juta liter air laut, menjadikannya sebagai tanki akuarium terbesar sedunia.

"Menyabet banyak rekor dunia sangat menakjubkan, namun untuk menjadi akuarium terbesar sedunia butuh usaha berkelanjutan yang tak sedikit," tutur Rowan Simons, President of GWR Greater China saat pembukaan Hengqin Ocean Kingdom.

Komentar

Posting Komentar