Jalur Sutera yang Legendaris Sungguhan Ada Wujudnya

Jalur Sutera adalah jalan yang menghubungkan Tiongkok dengan dunia Barat pada ratusan tahun yang silam. Siapa sangka, wujud Jalur Sutera masih ada sampai sekarang dan belum berubah bentuknya. Wisatawan bisa melihatnya di India.

Romantisme Jalur Sutera yang memanjang dari Tiongkok dan melewati India hingga Suriah, memang berperan vital pada zaman dulu. Apabila berkunjung ke Leh, di India Anda akan dibuat ngeri akan Jalur Sutera di kawasan itu yang dikelilingi jurang.

Zaman dulu, para pedagang dari Tiongkok berdagang dengan melewati Jalur Sutera yang membentang dari Timur hingga ke Barat. Saat di mana transportasi masih apa adanya, mereka sudah menempuh jarak ribuan kilometer dengan menaiki kuda atau berjalan kaki.

Itu hanya sebagian romantisme akan Jalur Sutera yang legendaris. Lama sudah berlalu, nyatanya Jalur Sutera memang masih ada, salah satunya di Leh, India. Para pedagang memang pergi dari Tiongkok dan melewati pegunungan di Leh, sebelum kembali melanjutkan perjalanannya.

Salah satu buktinya dapat dilihat pada papan penanda jalan yang terletak di jalan menuju Khardung La, jalan raya tertinggi di dunia dengan ketinggian 5.359 Mdpl. Sudah tinggi, udaranya juga sangat dingin, salut rasanya pada para pedagang yang dahulu melintas!

Dari Leh di Ladakh, dibutuhkan setidaknya 4 jam perjalanan untuk mencapai papan penanda Jalur Sutera yang searah dengan Khardung La. Walaupun menggunakan kendaraan roda empat, saya pun hanya bisa mengucap doa di sepanjang perjalanan.

Bagaimana tidak, dari jalanan yang awalnya landai, pelan-pelan berganti menjadi jurang tanpa pagar pengaman. Mengintip sedikit ke jendela, sudah tampak jauh di ujung sana dasarnya. Sedikit saja ban selip, pasti tidak ada lanjutan ceritanya.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar