Makan di Jerman, Bereskan Sendiri Bekas Makan Ya!

Restoran cepat saji sering jadi andalan traveler Indonesia di luar negeri. Nah, beberapa restoran itu ada yang punya aturan berbeda. Di Jerman misalnya, setiap habis makan, bekas makanannya harus dibereskan sendiri lho.

Restoran cepat saji seperti Kentucky Fried Chicken atau McDonald's, memang seringkali dicari para traveler Indonesia karena harganya bersahabat, rasanya tidak asing dan sering berlabel halal. Namun jika makan di gerai cepat saji di Jerman, rupanya ada aturan tak tertulis dimana bekas makan harus dibereskan sendiri.

Seorang traveler bernama Willy yang beberapa waktu lalu pergi ke Jerman pun membagikan kisahnya kepada detikTravel, Kamis (4/6/2015). Ia mengatakan bahwa jika makan di restoran cepat saji dan ikut makan di kafetaria universitas, harus langsung dibereskan sendiri setelah makan. Beda dengan di Indonesia dimana semua itu menjadi urusan pelayan.

"Jangan sampai ninggalin bekas makan di meja, bisa diomelin sama orang-orang. Waktu itu kan belum tahu, pas makan di McDonald's udahnya melengos saja. Eh terus ada karyawan McDonald's ngomong pakai bahasa Jerman gitu, pokoknya minta kita beresin bekas makan," tutur Willy.

Menurutnya, kalau makan di McDonald's Jerman semua bekas makanan bisa dibuang di tong sampah besar di dalam restoran. Lalu nampannya ditumpuk di sebelahnya. Tapi jika makan di gerai cepat saji lain, ada yang nampannya harus diletakkan di rak khusus.

"Kalau di fast food lain, beresin bekas makan itu artinya dibawa ke rak khusus atau troli piring kotor gitu, dan biasanya ada tong sampahnya yang ketutup rapi. Buang bekas makannya, terus tumpuk nampan atau piringnya, baru deh pergi," jelas Willy.

Semua aturan tersebut rupanya hanya berlaku di restoran cepat saji. Kalau traveler makan di restoran biasa, tetap ada pelayan yang akan membereskan bekas makan seperti di Indonesia. Tapi harga makanan di restoran yang bukan cepat saji biasanya lebih mahal.

Pilihan tempat makan memang tergantung keinginan dan budget yang dimiliki traveler. Yang jelas, jangan lupa bereskan makanan Anda ya kalau makan di KFC, McDonald's atau gerai fast food sejenis lainnya di Jerman.
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Kunjungi www.amwtour.com atau hubungi :

AMW Tour
Jl. Veteran No. 72A/ 126
Telp. 061 4522667
email : info@amwtour.com

Komentar