Danau Es yang Dinilai Paling Cantik di Dunia

 Awal tahun adalah periode paling spesial di Siberia, Rusia. Sebab ketika itulah, Danau Baikal di sana akan membeku dan menjadi es. Tak sedikit yang menyebutnya, danau es tercantik di dunia!

Danau Baikal, notabenya sudah masuk dalam daftar danau tercantik di dunia. Danaunya berada di bagian utara Rusia, tepatnya di wilayah Siberia dengan berada di ketinggian 445 mdpl.

Bentuknya memanjang seperti pisang, dengan kedalaman 1.637 meter dan panjang 636 kilometer. Ini sekaligus menjadikannya danau terdalam di dunia, menjadi wadah dari seperlima jumlah air tawar di dunia yang belum tercemar, serta 80 persen cadangan air tawar di Rusia.

Dirangkum detikTravel dari beberapa sumber, Senin (4/1/2016) ada yang spesial pada tiap awal tahun di Danau Baikal. Sekitar dari bulan Desember sampai April saat musim dingin, hampir setengah bagian danaunya akan membeku. Wow!

Bayangkan, permukaan danau yang tadinya perairan yang bening, membeku dan menjadi es. Ketebalan esnya pun bisa mencapai 2 meter. Airnya yang membeku terlihat cantik, pun suasana di sekitarnya berubah serba putih.

Keunikan lain dari es Danau Baikal adalah fenomena hummocks, yakni tumpukan es yang didorong ke luar permukaan. Hummocks terbentuk selama pembekuan ketika es yang tidak cukup kuat didorong oleh angin dan terhempas ke luar.


Biasanya, hummocks terbentuk di sepanjang retakan yang bisa mencapai 10-12 meter. Pada siang hari, hummocks akan bersinar di bawah sinar matahari dan mengeluarkan warna hijau yang sangat indah seperti batu Zamrud.

Asyiknya, traveler bisa mencoba berjalan di atas permukaan airnya yang membeku tersebut. Bukan cuma itu, malah bisa juga untuk naik sepeda sampai naik mobil off road untuk menjelajahinya.

Beberapa operator tur di Siberia, seperti Baikal Trekking, Baikal Adventure dan Baikal Complex menawarkan pengalaman tersebut. Baikal Adventure misalnya punya pake Black Ice Trek, yakni trekking sejauh 85 km menjelajahi Danau Baikal yang membeku. harganya, mulai dari 365 Euro atau sekitar Rp 5,5 juta.

Tapi ingat, suhu di sana bisa minus puluhan derajat Celcius, yang rata-rata sekitar minus 30 derajat Celcius. Mau coba datang ke Danau Baikal di awal tahun ini?
____________________________________________________________________

Cari informasi tour dari Medan ke Singapore, Malaysia, Kuala Lumpur, Malacca, Redang, Ipoh, Langkawi, Thailand, Bangkok, Pattaya, Had Yai, Phuket, Krabi, Hongkong, Shenzhen, Macau, Guangzhou, Zhuhai, Zhang Jia Jie, Guilin, Lipu, Yangzhuo, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Suzhou, Wuxi, Nanjing, Taiwan, Taipei, Hualian, Taitung, Kaohsiung, Chiayi, Taichung, Jepang, Tokyo, Kyoto, Sapporo, Narita, Mount Fuji, dan destinasi lain?

Komentar